Layanan Online Disdukcapil Kota Padang Kembali Dibuka

Alur pelayanan online Disdukcapil Padang
Alur pelayanan online Disdukcapil Padang (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Pelayanan online Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Kota Padang sudah kembali bisa diakses setelah mengalami kerusakan beberapa waktu lalu.

"Terhitung Senin mendatang, pelayanan online sudah bisa diakses kembali. Karena serfer dari Kementrian Dalam Negeri sudah kembali normal," kata Plt Kepala Disdukcapil Kota Padang , Edi Hasymi, Jumat 11 Juni 2021.

baca juga: Wagub Sumbar: Pelaksanaan PPKM Belum Maksimal

Ia mengatakan, untuk pengurusan online tersebut tidak lagi bermasalah dan semua data yang ada dinyatakan aman.

"Semua data saat terjadinya kerusakan sudah kami back up di server milik Diskominfo Kota Padang ," lanjutnya.

baca juga: Pekan Ini, Sumbar Terima 30 Ton Liquid Oksigen dari Pekanbaru

Ia mengatakan, dibukanya kembali pelayanan online tersebut karena mempertimbangkan keadaan pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum aman.

"Kalau pelayanan tidak online , kami khawatir akan terjadi klaster nantinya jika pelayanan tetap seperti ini," lanjutnya.

baca juga: Cerita Tenaga Kesehatan RSUP M Djamil Padang Yang Menyaksikan Empat Kematian Sekaligus Akibat Covid-19

Ia mengimbau masyarakat Kota Padang agar kembali melakukan pengurusan data pribadi melalui website online .disdukcapil.padang.go.id.

"Kepengurusan yang bisa dilakukan di sini adalah pelayanan surat-surat dan pengisian data diri. Sementara untuk pelayanan seperti KTP hilang atau rusak, bisa langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Padang atau di Kantor Camat masing-masing," lanjutnya.

baca juga: Pelaku Pembakaran Ranmor Warga Sumpur Divonis 11 Bulan Penjara

Dengan begitu, masyarakat akan kembali dimudahkan dengan pengurusan online yang sudah berjalan sejak beberapa tahun belakangan.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani