Bupati Pessel Minta Seluruh OPD Segera Tuntaskan Proses Seluruh Pelaksanaan Kegiatan 2021

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menuntaskan semua lelang kegiatan yang sudah dianggarkan tahun ini.

Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar mengungkapkan, tujuan mempercepat proses lelang guna mencapai target kegiatan sesuai perencanaan. Sebab, hingga awal Juni menurutnya, masih sembilan OPD yang mengajukan pelelangan.

baca juga: Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

"Karena itu, kepada OPD yang memiliki kegiatan tapi belum melakukan tender, diminta segera melaporkan dan mengajukan pelelangan kegiatannya kepada panitia atau tim kelompok kerja unit lapangan pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kab Pessel ," ungkapnya belum lama ini.

Hingga kini, masih terdapat beberapa kegiatan fisik dan non fisik yang belum ditender. Padahal bila semua kegiatan yang sudah masuk ke dalam APBD selesai ditender, maka Pemkab akan segera membahas perubahan APBD tahun 2021.

baca juga: Terkendala Lahan, Pemko Pariaman Baru Kelurakan 5 Izin Prinsip Investasi Perumahan

"Jika semua kegiatan yang sudah masuk ke dalam APBD tahun 2021 ini selesai proses tendernya, maka tidak tertutup kemungkinan Pessel akan segera pula membahas perubahan APBD. Sebab gambaran berapa nominal atau angka yang tersisa setelah tender dilakukan sudah jelas. Beberapa sarana atau infrastruktur yang prioritas, bisa pula dianggarkan melalui perubahan anggaran itu," terangnya.

Kendati demikian, pihaknya mengingatkan seluruh penanggung jawab kegiatan tetap melaksanakan proses tender sesuai aturan dan perundang-undangan. Sebab, hal itu akan dinilai diawasi secara ketat.

baca juga: 65 BUMNag di Tanah Datar Sudah Punya Modal Usaha, Pemda Sarankan Lirik Usaha Pertashop

"Pengawasan itu bukan saja oleh instansi terkait, LSM dan aparat hukum, tapi juga oleh masyarakat," tegasnya.

Lanjutnya, jika ada ditemukan pejabat yang mencoba bermain dalam proses ini, pihaknya tidak akan mentolerir. Apalagi, sempat tidak sesuai aturan.

baca juga: Tangani Masalah Limbah Medis, BRIN Kembangkan Teknologi Berskala Kecil dan Mobile

"Sebab semua kegiatan atau program yang direncanakan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Kalau ada yang bermain, tentu tujuan itu tidak akan tercapai. Makanya selain kejaran hukum, tindakan tegas juga akan saya berikan," jelasnya.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang dan Jasa Sekdakab Pessel , Naswin Hakim ketika dihubungi menjelaskan bahwa keterbukaan dan tidak diskriminatif merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha.

"Salah satu upaya yang dilakukan dalam hal itu adalah dengan menginformasikan kegiatan lelang dengan seluas-luasnya kepada publik melalui website resmi dan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronik atau SPSE," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani