Besok, UKM KSR UBH Gelar Aksi Donor Darah

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh PMI KSR UBH
Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh PMI KSR UBH (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR PMI Universitas Bung Hatta Proklamator menggelar aksi donor darah serta membagikan masker kepada masyarakat, Selasa 15 Juni 2021 di Jalan Bandar Purus No.75, Kelurahan Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang .

Aksi tersebut dilakukan karena semakin berkurangnya pasokan darah di Sumatera Barat selama masa pandemi Covid-19.

baca juga: Prodi Teknik Mesin UBH, Lahirkan Lulusan Profesional dan Mandiri

Selain itu, aksi kemanusiaan tersebut juga dilakukan untuk mengisi agenda Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) 2021, yang diperingati setiap tanggal 14 Juni oleh negara-negara di seluruh dunia.

Komandan UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, Rudy Agustian mengatakan, tidak perlu khawatir mendonorkan darah saat pandemi.

baca juga: Tak Hanya Dipulangkan dari Jakarta, Pria yang Viral karena Tidur di Trotoar Bakal Diberikan Modal Usaha oleh Andre Rosiade

"Selama donor darah sudah ada aturan dan dibuat seaman mungkin dari perawat dan dokter dari UTD. Tentunya menerapkan protokol kesehatan, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu," katanya.

Bahkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 katanya, telah membagikan tips bagi pendonor darah selama masa pandemi.

baca juga: PPKM Level Empat Dilanjutkan, Ini Yang Akan Dilakukan Pemko Padang

"Yang jelas relawan yang melakukan donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan, dan dokter juga akan memastikan keamanan tranfusi darah," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera