Balitbang Sumbar Gelar FGD Tentang Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Salingka Danau Maninjau

FGD yang dilaksanakan Balitbang Sumbar di Tanjung Raya
FGD yang dilaksanakan Balitbang Sumbar di Tanjung Raya (AMC)

AGAM , KLIKPOSITIF - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Barat gelar Focus Group Discussion (FGD), tentang pengalihan mata pecaharian alternatif bagi masyarakat salingka Danau Maninjau , Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam , Senin (14/6).

FGD yang digelar di aula Kantor Tanjung Raya ini, diikuti Tim Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumbar, beberapa pimpinan OPD Sumbar, Bupati Agam diwakili staf ahli, Isman Imran, pimpinan OPD Agam , camat, wali nagari, ninik mamak, tokoh masyarakat dan petani KJA.

baca juga: DPRD Agam Siap Jadi Mitra PLN untuk Sosialisasikan Kelistrikan

Kepala Balitbang Sumbar, Dr. Reti Wafda, mengatakan, pertemuan ini untuk menghimpun dan menerima masukan, dalam mencari solusi terhadap pengalihan mata pencaharian alternatif bagi masyarakat, yang tidak hanya fokus pada satu sektor.

"Penekanan diskusi adalah menerima masukan dari masyarakat, bisa juga pakar berikan solusi berdasarkan kajian untuk dibahas secara bersama dalam forum ini," ujarnya.

baca juga: Pemkab Agam Gelar Sosialisasi Nalana, Edi Busti: LGBT Harus Diwaspadai

Dikatakannya, solusi dan masukan yang diterima dalam pertemuan ini, nanti akan disampaikan kepada kementerian terkait. Karena pembahasannya sudah dilakukan dengan diskusi, maka diharapkannya menteri terkait dapat menerimanya.

"Semoga diskusi ini dapat hasilkan solusi terbaik dalam cari mata pencaharian alternatif, atau kegiatan yang memungkinkan untuk dilaksanakan di salingka Danau Maninjau sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat," sebutnya.

baca juga: Penghujung Tahun, Agam Sabet Dua Penghargaan Bergengsi

Menurut Bupati Agam melalui staf ahli, Isman Imran, FGD ini sangat penting dilaksanakan karena nanti dapat melahirkan gagasan dalam rangka mewujudkan Danau Maninjau lebih baik ke depan.

Pada FGD ini, katanya, bagaimana ekonomi masyarakat di salingka Danau Maninjau tetap membaik. Tidak hanya fokus satu sektor, tapi ada sumber pendapatan lain yang lebih komprehensif dalam memajukan dan mensejahterakan mereka.

baca juga: Kalahkan BMMC, Baso FC Juara Wali Nagari Kapau Cup U-17

"Kita berharap forum ini hasilkan solusi terbaik dalam pengalihan mata pencaharian, sehingga dapat membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Agam ," harapnya. (AMC)

Editor: Rezka Delpiera