Kesenian Darak Badarak dan Margin X Gagas Pertunjukan Seni di Lapas Pariaman yang Melibatkan Narapidana

Kalapas dan Pimpinan grup kesenian foto bersama dengan warga binaan
Kalapas dan Pimpinan grup kesenian foto bersama dengan warga binaan (rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kesenian Darak Badarak dan Margin X berencana menggelar pertunjukan seni budaya di Lapas Klas ll B Pariaman . Tidak hanya pertunjukan, grup kesenian tersebut juga melibatkan narapidana dalam proses kreatifitas untuk menciptakan berbagai karya.

Perihal itu, Kepala Lapas Klas ll B Pariaman , Eddy Junaedi menjelaskan pihaknya telah menjajaki kerjasama tersebut dengan melakukan pertemuan dengan pemimpin grup kesenian dan telah sosialisasikan kegiatan pada warga binaan lapas itu.

baca juga: Tiga Dokter di Sumbar Gugur Selama Pandemi Covid-19

"Kami telah sepakat dengan Kesenian Darak Badarak dan Margin X akan menggelar berbagai pertunjukan kesenian di lapas . Proses awal dilakukan pada 23 Juni 2021," ungkap Kepala Lapas Pariaman , Eddy Junaedi, Selasa 15 Juni 2021.

Lebih lanjut dijelaskannya, dengan adanya kerjasama tersebut akan berdampak positif bagi pihak lapas dan warga binaan.

baca juga: Tidak Hanya Bonus, Wagub Sumbar Janji Akan Berikan Posisi ASN Untuk Atlet Berprestasi

"Ini dapat menggali potensi warga binaan. Pada awalnya kami memang berniat untuk mengagas perihal serupa kreatifitas namun karena kekurangan potensi maka niat tidak sepenuhnya terwujud. Beruntung kami bertemu dengan kesenian itu dan mereka bersedia untuk berproses bersama," jelas Eddy.

Pihaknya mendukung penuh kegiatan itu dan siap menfasilitasinya.

baca juga: DPRD Janji Akan Carikan Dana Tambahan Untuk Kontingen PON Sumbar yang Akan Berjuang di Papua

Sementara itu, Ribut Anton Sujardwo, pimpinan kesenian Daraka Badarak yang bertugas sebagai Maneger dalam pertunjukan tersebut menuturkan pihaknya telah melakukan kajian serta opservasi untuk proses pertunjukan.

"Kerjasama ini merupakan aksi sosial tanpa bayaran dari lapas sendiri. Hal ini kami gagas di samping untuk memberikan hiburan juga untuk menggali potensi seni serta potensi kreatifitas warga binaan lainnya," kata Ribut.

baca juga: Sambut HUT RI, Bupati Solsel : ASN Agar Menjadi Contoh Bagi Masyarakat

Jadi pada dasarnya, kata Ribut lagi, mereka akan bekerjasama dengan berbagai grup kesenian yang ada di Sumbar untuk mengemas pertunjukan.

"Secara teknisnya, pertunjukan yang akan dibuat melibatkan warga binaan sendiri mulai dari proses kreatifitas hingga pertunjukan nantinya," sebut Ribut.

Pada kesempatan yang sama Y. Vujji El Ikhsan yang merupakan pihak Margin X, Kurator dalam Kegiatan itu mengatakan sedikitnya sebanyak 6 grup kesenian siap bergabung dalam proses pertunjukan.

"Kami telah komunikasikan kepada kawan-kawan grup kesenian lainnya untuk menggagas pertunjukan tersebut. Sebut saja seperti grup kesenian Darak Badarak, Lamomba Produksen, Ratu Manajemen, Si Boy Rege, Calon Pemusik Negeri Sipil dan Himpunan Mahasiswa Seni di Sumbar bersedia dalam proses ini," ungkap Vujji.

Vujji juga mengatakan, kegiatan yang akan digelar didukung oleh beberapa perusahaan dan pihak pemerintah setempat seperti Djarum Pondation, Dinas Wisata dan Sosial Kota Pariaman .

Dia berharap proses kegiatan tersebut terselenggara seperti yang diharapkan serta mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani