Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Bupati Pessel Ikut Mendonorkan Darahnya di RSUD M Zein

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar didampingi istri Titi Rusma Yul Anwar saat donor darah di Bakti Sosial di RSUD M. Zein Painan
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar didampingi istri Titi Rusma Yul Anwar saat donor darah di Bakti Sosial di RSUD M. Zein Painan (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar ikut mendonorkan darah dalam kegiatan bakti sosial memperingati Hari Donor Darah Sedunia di RSUD M. Zein Painan , Selasa 15 Juni 2021.

Sebelum dilakukan transfusi darahnya, Bupati Rusma Yul Anwar didampingi istri Titi Rusma Yul Anwar harus menjalani skrining seperti pemeriksaan tensi dan cek HB darah.

baca juga: Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

Dari hasil skrining ternyata tensi bupati sedikit agak tinggi, sehingga dengan kondisi itu tim medis menyarankan kalau bupati harus menjalani istirahat beberapa waktu.

Bupati-pun menuruti saran tim medis dan ia pun beristirahat. "Ok, Saya istirahat sebentar asalkan dibolehkan untuk mendonorkan darah," jawabnya atas saran tim medis.

baca juga: Pembagian Bansos di Pessel, Bupati : Penyaluran Harus Taati Standar Protokol Kesehatan

Setelah 15 menit istirahat, kemudian proses transfusi darah orang nomor satu di Pessel itu pun dilakukan. Selama proses transfusi berlangsung, Bupati Rusma Yul Anwar terlihat santai dan sesekali diselingi canda akrab dengan petugas medis.

"Maaf pak, sakit sedikit," ucap Ayu petugas medis saat menancapkan alat suntik (jarum) ke lengan kiri bupati.

baca juga: Wagub Sumbar Apresiasi, RSUD DM. Zein Painan Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

Lantas Rusma Yul Anwar menjawab dengan canda. "Silahkan tapi jangan dihabiskan darahnya," jawab bupati.

Selang proses transfusi darah berlangsung, tidak mau kalah petugas yang lain pun ikut nimbrung sambil berucap kalau darah pak bupati biru."Biru darah pak bupati nampak di kami (Darah pak Bupati terlihat biru)," balas petugas dengan wajah senyum ke bupati.

baca juga: Ini Tiga OPD dengan Serapan Anggaran Terendah di Pessel

Meski memakan proses cukup lama dan suasana yang penuh canda, Bupati-pun tidak pernah lupanya mengimbau masyarakat untuk berdonor darah.

Karena menurut darah, selain bisa menyehatkan tubuh, darah yang didonorkan juga membantu nyawa orang lain saat membutuhkan.

"Tidak usah takut donor darah , karena donor darah tidak merusak kesehatan. Malah dapat membuat kita semakin sehat," tuturnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi