Pasca Sidak Bupati Solok, UGD Puskesmas Tanjung Bingkung Kembali Buka 24 Jam

Sidak Bupati Solok di Puskesmas Tanjung Bingkung
Sidak Bupati Solok di Puskesmas Tanjung Bingkung (Ist)

Solok, KLIKPOSITIF - Pasca inspeksi mendadak yang dilakukan Bupati Solok Epyardi Asda , Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung kembali beroperasi 24 jam dalam sehari.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok , dr. Maryetti Marwazi. Dikatakannya, perubahan layanan UGD itu dilakukan pasca sidak Bupati pada Sabtu (12/6/2021).

baca juga: Stok Vaksin Kabupaten Solok Kosong, Besok Dikirimkan Dari Provinsi

"Atas instruksi pimpinan, maka UGD kita buka 24 jam. Kembali seperti semula," Katanya saat dihubungi Kata Sumbar (jaringan KLIKPOSITIF ), Selasa (15/6/2021).

Dijelaskannya, walaupun UGD Puskesmas Tanjung Bingkung bukanlah UGD rawatan, namun tetap buka untuk penanganan awal sebelum di rujuk ke rumah sakit terdekat.

baca juga: Dilaporkan Rampas Tanah Warga, Dodi Hendra : Tanah Itu Saya Beli

Maryetti menuturkan, UGD hanya dibuka untuk pelayanan yang sifatnya darurat, seperti kecelakaan. "Bukan untuk pengobatan seperti demam atau penyakit ringan lainnya. Tapi memang untuk darurat saja," jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Solok, H. Epyardi Asda melakukan inspeksi mendadak ke Puskesmas Tanjung Bingkung. Sidak dilakukan lantaran Bupati mendapat laporan terkait pelayanan kesehatan, hal itu memicu kemarahan Bupati.

baca juga: Dituduh Merampas Hak Atas Tanah, Ketua DPRD Solok Dipolisikan

Kemarahan Bupati Solok kepada pihak Puskesmas Tanjung Bingkung lantaran adanya laporan masyarakat yang menjadi korban kecelakaan, namun tidak dilayani oleh petugas Puskesmas.

"Ada korban kecelakaan pas depan Puskesmas, dan masih jam 5 sore, korban dibawa ke Puskesmas, diketok-ketok gak ada orang, kemudian keluar bidan dan tidak mau membantu lantaran sudah bukan jam dinas dia," papar Bupati saat itu.

baca juga: Dipolisikan Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ini Klarifikasi Bupati Epyardi Asda

Editor: Syafriadi