Komisi V DPR Minta BMKG Lebih Akurat Sampaikan Informasi Tekait Kebencanaan

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhamad Arwani Thomafi berharap, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) ke depan bisa lebih tepat ketika menyampaikan informasi terkait kebencanaan di masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat meninjau sarana dan prasarana yang dimiliki Stasiun Klimatologi Kelas I Bogor yang merupakan salah satu fasilitas pendukung layanan info BMKG dalam mengantisipasi bencana.

baca juga: Tolak Usulan Pemerintah, Ini Tanggal yang Disetujui Fraksi PDI-Perjuangan Untuk Pemungutan Suara Pemilu 2024

"Kita tahu juga beberapa hari yang lalu, mendengar ada bagaimana BMKG menyampaikan informasi yang kita kita terima dan ternyata salah kirim dan sebagainya. Jangan sampai terjadi lagi karena masyarakat, stakeholder semuanya bukan hanya pemerintah, sangat membutuhkan informasi dari BMKG ini. Terutama terkait dengan cuaca, terkait dengan bagaimana kita antisipasi terhadap potensi kemungkinan adanya bencana dan lain sebagainya," ucap Arwani di Stasiun Klimatologi Kelas I Bogor.

Arwani melanjutkan, Komisi V DPR RI sangat fokus untuk memastikan BMKG ini menjadi lebih baik dan lebih siap dan pada akhirnya benar-benar menjalankan fungsinya sesuai harapan masyarakat.

baca juga: Pergeseran Hari Libur Tidak Mengubah Substansi Maulid Nabi Muhammad

"Tidak hanya soal cuaca nantinya tetapi juga bagaimana ini mampu menjadi suplai informasi bagi data, suplai data bagi teman-teman di bidang pertanian misalnya dan juga di bidang-bidang yang lain. Intinya kita harapkan BMKG harus lebih baik lagi melalui kunjugan ini, kita akan dukung, rasionalisasi terkait dengan kebutuhan anggaran dari BMKG agar bisa lebih baik lagi," terangnya.

Terkait sarana prasarana termasuk juga SDM, politisi Fraksi PPP ini berharap agar BMKG terus dikembangkan agar lebih maju, lebih adaptif terhadap perkembangan zaman. "Termasuk juga terkait dengan perkembangan teknologi informasi, bagaimana memanfaatkan teknologi informasi itu untuk kepentingan BMKG ini," pungkasnya.

baca juga: Cegah Stunting, Kemenperin Dorong Konsumsi Olahan Ikan

Editor: Eko Fajri