Sepekan Operasi Zebra, 828 Surat Tilang Dikeluarkan Polresta Padang

razia polisi
razia polisi (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sepekan dijalankan Operasi Zebra di Kota Padang, Polresta Padang telah melayangkan 828 surat tilang kepada pengendara. Operasi Zebra yang dilakukan sejak 16 November lalu itu dilakukan dengan cara mobile oleh seluruh jajaran Satuan Lalu lintas Polresta Padang .

"Kurang lebih sepekan dilaksanakan, hampir mendekati ribuan pelanggar lalu lintas terjaring razia ," ujar Kabag Ops Polresta Padang , Kompol Sumintak, Jumat 25 November 2016.

baca juga: Terjaring Razia Penegakan Prokes, 67 orang di Swab oleh Satgas COVID-19 Kota Payakumbuh

Menurutnya, pengendara roda dua mendominasi pelanggaran lalu lintas sejak Operasi Zebra ini digelar. "Sebanyak 390 lembar surat tilang diberikan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm," lanjutnya.

Selain itu, pelanggaran yang dominan juga ditemukan tidak adanya kelengkapan dokumen-dokumen berkendara seperti, Surat Izin Mengemudi (SIM) dan tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). "Pengendara yang menerobos traffict light, melawan arus dan berhenti tidak sesuai dengan marka berhenti juga sering ditemukan," sambungnya.

baca juga: Pengamanan Paskah, Polresta Padang Sebar Personel Intel

Dia berharap, Operasi Zebra yang dilakukan secara serentak ini dapat menjadi pelajaran bagi para pengendara, supaya menyiapkan kelengkapan lalulintas saat melakukan perjalanan.

[Halbert Chaniago]

baca juga: Bulan Depan Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan di Padang, Ini Sasarannya

Penulis: Agusmanto