Pemko Payakumbuh Targetkan Vaksinasi Terhadap 1.000 Warga Per Hari

Kepala DKK Payakumbuh, Bakhrizal.
Kepala DKK Payakumbuh, Bakhrizal. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

KLIKPOSITIF , PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh telah memulai gebyar vaksinasi COVID-19, sejak Rabu (16/6) kemarin sampai dengan 30 Juni 2021 nanti. Ditargetkan 1.000 warga akan dapat divaksinasi setiap harinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Payakumbuh Bakhrizal mengatakan pelaksanaan gebyar vaksinasi merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Sumatera Barat Nomor 3/INST/2021 Tentang gebyar serentak vaksinasi lansia, pra lansia, guru/tenaga pendidik, dan pelayanan publik se-Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Pemerintah Siapkan Rp 1,3 Triliun untuk Pengolahan Limbah Medis

"Target kita kalau bisa 1.000 warga divaksinasi per hari, supaya semakin cepat vaksin kita berikan kepada masyarakat, semakin banyak warga yang mempunyai kekebalan aktif terhadap COVID-19," ujarnya, Kamis (17/6).

Dia menerangkan, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melakukan rapat. Dari situ diputuskan bahwa peresmian gebyar vaksinasi akan dilaksanakan di pusat Kota Payakumbuh di posko Satgas COVID-19 dekat Tugu Adipura, Minggu (20/6) nanti.

baca juga: Hari Ini 5 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 59 Orang

"Vaksinasi ini dapat diikuti dengan cukup membawa KTP atau fotokopi KTP, dan dilaksanakan pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB," katanya didampingi Kabid P3 dan Kesmas Fatma Nelly.

Menurutnya sasaran dari gebyar vaksinasi ini adalah warga yang KTP Payakumbuh , orang-orang yang sehari-hari bekerja di Payakumbuh seperti petugas publik, guru, tenaga kependidikan, pedagang pasar, dan lainnya.

baca juga: Angka Kematian Akibat COVID-19 di RSUP M Djamil Meningkat 300 Persen Pada Trisemester Kedua 2021

"Tentu saja vaksinasi warga Payakumbuh yang berumur 18 tahun keatas, diutamakan lansia. Bahkan, semua pegawai BUMN, BUMD, dan swasta yang ada di Payakumbuh bisa ikut saat gebyar vaksinasi ini digelar," kata dia.

Pihaknya juga telah mengeluarkan jadwal gebyar vaksinasi untuk dilaksanakan di setiap puskesmas, kantor camat, kantor kelurahan, dan di beberapa tempat sesuai situasi dan kondisi hingga 30 Juni mendatang. (*)

baca juga: Gubernur Minta Rumah Sakit di Sumbar Siapkan Psikolog untuk Semangati Pasien COVID-19

Editor: Taufik Hidayat