Terima Kunjungan Ombudsman, Wabup Pessel: Peningkatan Pelayanan Publik Sesuatu yang Mutlak

Wabup Pessel menerima buku panduan pelayanan publik dari Ombudsman Sumbar
Wabup Pessel menerima buku panduan pelayanan publik dari Ombudsman Sumbar (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rudi Hariansyah menegaskan, Pemkab Pessel bertekad bakal terus berupaya dalam meningkatkan kepatuhan standar pelayanan publik sesuai kriteria yang ditetapkan Ombudsman-RI.

Menurut Wabup, peningkatan kualitas pelayanan merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan. Bahkan, salah satu syarat dari perwujudan pemerintahan yang baik. Apalagi, publik adalah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di negara demokrasi.

baca juga: Pelaku Pembakaran Ranmor Warga Sumpur Divonis 11 Bulan Penjara

"Pelayanan publik bagian dari tujuan pemerintahan," ungkap Wabup pada wartawan menerima kunjungan Kepala Ombudsman-RI Perwakilan Sumbar , Yefri Heriani di Painan, Kamis 17 Juni 2021.

Kedatangan Kepala Ombudsman-RI Perwakilan Sumbar beserta rombongan disambut langsung Wabup Rudi Hariansyah bersama Kepala Dinas Kesehatan, Satria Wibawa, Sekretaris Satgas penanganan Covid 19, Dailipal.

baca juga: Pengantin Diarak Offroader, Verry Mulyadi: Kekompakan Seperti Inilah yang Harus Dijaga, Jangan Kasih Kendor

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD), Intan Novia Fatma Nanda, pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta pejabat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein.

Dalam kunjungan kerjanya, Ombudsman-RI Perwakilan Sumbar dan pemerintah kabupaten membahas soal pelayanan publik. Selain itu, rencana penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik tahun 2021.

baca juga: Dua Mentri Bakal Ikuti Penobatan Tuanku Bosa Talu XV

Kemudian juga membahas soal pengawasan terhadap pelayanan publik di Pesisir Selatan. Saat ini, lanjut Wabup, kualitas pelayanan publik di Negeri Sejuta Pesona berkategori hijau, dengan nilai tinggi.

Kendati demikian, pemerintah kabupaten tetap melaksanakan sejumlah masukan dari Ombudsman. "Ini tentu akan menjadi perhatian kita, demi terwujudnya standar pelayanan publik yang lebih baik lagi," tegas Wabup.

baca juga: Hari Ini 70 Orang Warga Pasbar Positif Corona, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Pada kesempatan itu, Kepala Ombudsman-RI Perwakilan Sumbar , Yefri Heriani menyampaikan pihaknya meminta informasi pada pemerintah daerah terkait penanganan Covid-19 di Pesisir Selatan.

Penanganan virus yang bermula dari Wuhan China itu harus menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah , karena saat ini sedang terjadi peningkatan kasus positif di daerah .

"Kami juga membahas tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Pesisir Selatan," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani