Diresmikan Dirjen Perumahan Kementrian PUPR, Rusun untuk Mahasiswa Fakultas Vokasi ITP Siap Digunakan

Penandatanganan prasasti peresmian pembangunan rusun untuk mahasiswa vokasi ITP oleh Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid, Kamis (17/6)
Penandatanganan prasasti peresmian pembangunan rusun untuk mahasiswa vokasi ITP oleh Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid, Kamis (17/6) (KLIKPOSITIF)
PADANG, KLIKPOSITIF -

Setelah sekian bulan pembangunan, Institut Teknologi Padang ( ITP ) meresmikan rumah susun bagi mahasiswa kampus vokasi yang terletak di jalan DPR, ByPass KM 16 Padang, Kamis, 18 Juni 2021.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Direktur Jendral Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid didampingi Rektor ITP Hendri Nofrianto dan Walikota Padang Hendri Septa. Selain itu, kegiatan peresmian tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat PUPR provinsi dan kota.

baca juga: Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang Diterapkan ITP? Ini Penjelasannya

Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, salah satu program Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan yakni membangun rusun di berbagai daerah di Indonesia. ITP merupakan salah satu perguruan tinggi di Sumbar yang mendapatkan rusun untuk mahasiswa.
. Selain itu, kalau membangun dengan luas lahan yang banyak akan menghabiskan dana, namun dengan rusunawa dapat mengefektifkan tempat

Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid, Wako Padang Hendri Septa, Rektor ITP Hendri Nofrianto dan Ketua Yayasan meninjau salah satu kamar di dalam rusun
Dirjen Perumahan PUPR Khalawi Abdul Hamid, Wako Padang Hendri Septa, Rektor ITP Hendri Nofrianto dan Ketua Yayasan meninjau salah satu kamar di dalam rusun

"Melalui adanya rusun mahasiswa yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, diharapkan mereka mampu meningkatkan semangat belajar bagi generasi muda Indonesia di masa depan," ujarnya.

baca juga: PPKM Mikro Diberlakukan, Rektor ITP Tetapkan Seluruh Kegiatan Perkuliahan Dilakukan Secara Daring

Khalawi menjelaskan, anggaran untuk pembangunan rusun untuk mahasiswa tersebut senilai Rp 15 Miliar dengan jumlah hunian yang tersedia sebanyak 43 unit dengan tipe 24 pendek dan dapat menampung sekitar 172 mahasiswa . Fasilitas di dalam rusun itu pun telah lengkap sehingga mahasiswa tidak perlu repot lagi membawa barang untuk tinggal disitu.

Foto bersama di depan rusun Kampus vokasi ITP
Foto bersama di depan rusun Kampus vokasi ITP

"Fasilitasnya yang seperti hotel bintang tiga lengkap dengan mebeler seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi. Mahasiswa yang tinggal disini nantinya dapat fokus belajar saja," katanya lagi.

baca juga: Alat Water Treatment Buatan Dosen ITP Bikin Perusahaan Asal Madina Kagum dan Lakukan Studi Banding

Ia berharap, setelah beroperasional, ITP dan Yayasan dapat merawat rusun tersebut dengan sebaik mungkin.

Sementara itu, Rektor ITP Hendri Nofrianto mengungkapkan, rusun untuk mahasiswa tersebut nantinya akan digunakan oleh mahasiswa kampus vokasi ITP yang nantinya akan mulai dibuka pada September 2021. Ia menjelaskan, saat ini kampus vokasi yang masih dalam proses pembangunan tersebut lokasinya berseberangan dengan rusun , sehingga mahasiswa tidak perlu lagi menggunakan transportasi untuk kuliah.

baca juga: 48 Orang Lulusan SMA Semen Padang Diterima di PTN Lewat Jalur Undangan

"Nantinya setelah selesai pembangunan kampus vokasi ITP , konsep yang digunakan mahasiswa akan sama dengan boarding school. Bahkan kami juga akan membangun masjid di sekitar rusunawa ini sehingga mahasiswa diwajibkan untuk melakukan salat subuh berjamaah," jelasnya.

Hendri mengungkapkan, pembangunan rusun untuk mahasiswa tersebut merupakan suatu berkah bagi ITP , karena ada begitu banyak pihak yang antri mengajukan pembangunan yang sama kepada Kementrian PUPR. Pengajuan prosposal tersebut lanjutnya, telah dilakukan sejak 2019 dan ia bersyukur berkat kegigihannya beserta pengurus, ITP menjadi salah satu yang kampus yang dibangunkan rusun untuk mahasiwa

Ia berharap, dengan tinggal di rusun ini para mahasiswa dapat memiliki karakter yang baik, dapat dijadikan sebagai pemimpin yang profesional serta mampu berkompetisi di masa depan.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Padang, ITP Zulfa Eff Uli Ras mengatakan, pihaknya akan berusaha cepat untuk menyelesaikan pembangunan kampus vokasi agar rusunawa tersebut dapat digunakan sesuai peruntukannya.

"Permintaan Rektor ITP yakni agar kampus vokasi ini segera selesai, jadi kami dari pihak yayasan akan mendorong hal tersebut. Karena jika kampusnya lama selesainya, tentu rusun yang telah selesai dibangun menjadi percuma karena tidak terpakai," katanya.

Editor: Khadijah