Uang Hasil Pencurian Batu Akik Rp 286 Juta Lebih, Pelaku Habiskan untuk Belanja dan Pesta

Para pelaku saat diamankan polisi
Para pelaku saat diamankan polisi (ist)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Polisi melakukan pengembangan kasus penipuan dan penggelapan batu akik yang dihiasi berlian di wilayah hukum Polres Padang Pariaman , Jumat 18 Juni 2021.

Beberapa butir batu akik yang dihiasi berlian telah dijual oleh pelaku."Setelah melakukan pengembangan kami berhasil menangkap "otak" dari kasus penipuan dan penggelapan ini bernama Yori. Dia ditangkap di wilayah Solok beserta tiga rekannya. Mereka mengaku telah menjual sebagian batu akik itu dan mendapat uang senilai Rp. 286.250.000," ungkap Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman , AKP Rolindo, Jumat Siang 18 Juni 2021.

baca juga: Gunung Tandan Kosong Kelapa Sawit Terbakar, Polres Pasbar Akan Panggil Manajemen PT AWL

Lebih lanjut AKP Rolindo menuturkan, pelaku mengakui kalau hasil penjualan itu dibelikan ke beberapa barang dan juga untuk pesta. Sementara itu, barang bukti lainnya disimpan oleh pelaku dengan cara menguburkan.

"Dari hasil penjualan sebanyak Rp286 juta lebih itu, pelaku membeli barang berupa 2 unit sepeda motor Kawasaki KLX, satu unit sepeda motor Honda Scoopi dan 3 unit HP Android," ungkap Rolindo.

baca juga: Selama Pandemi, Kasus Narkotika dan Pencurian Meningkat di Pariaman dan Padang Pariaman

Sementara itu, kata Rolindo lagi, barang bukti lainnya dikubur oleh pelaku dengan cara memasukan batu akik kedalam speaker atau pengeras suara dan melapisi dengan lakban lalu mengubur ke dalam tanah, samping rumahnya di Solok.

"Saat ini kami tengah mengamankan seluruh barang bukti baik batu akik yang masih tersisa maupun kendaraan dan handphone yang dibeli pelaku dari hasil menjual barang bukti milik korbannya," sebut Rolindo.

baca juga: DPR: Persoalan Narkotika di Lapas Tak Ubahnya Sampah yang Terus Menumpuk

Hingga saat ini para pelaku masih ditahan oleh pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut.

Untuk diketahui juga, kasus ini menimpa korban bernama Sri Rahayu. Berawal pada 25 April 2021, korban bersama saksi berangkat dari Jakarta menuju Padang Pariaman . Sampai di Bandara International Minangkabau pelaku dijemput oleh sopir dengan mobil Toyota Sigra warna merah BA 1148 QJ.

baca juga: Tersandung Kasus Film Dewasa, Suami Bintang Bollywood Shilpa Shetty Ditangkap Polisi

Sampai di bandara itu korban menaiki mobil tersebut dan ketika itu masih bulan puasa korban berbuka di Rumah Makan Denai Saiyo, Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatang Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman .

Di saat korban berbuka puasa dia tidak sadar kalau sopir itu telah meninggalkan dia dan membawa koper miliknya yang di dalam koper itu terdapat sebanyak 700 batu akik yang dihiasi berlian dengan nilai sebelas milyar rupiah.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani