Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Sumbar Adakan Program Menanam Buku, Apa Itu?

PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar adakan
PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar adakan \"Program Menanam Buku\" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). (Ist)

KLIKPOSITIF - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar adakan "Program Menanam Buku" sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat (18/06). Kegiatan ini berupa penukaran buku layak pakai dari pegawai untuk ditukar dengan bibit tanaman produktif. Buku yang terkumpul kemudian akan disumbangkan ke beberapa panti asuhan di Kota Padang.

Hadir dalam kegiatan tersebut General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum (SRM KKU) Cipto Adi Sumartono, Senior Manager (SRM) Perencanaan Dicky Hiwardi, serta pegawai kantor induk dan Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K).

baca juga: PLN UP3 Bukittinggi Gelar Talkshow Guna Tingkatkan Pengetahuan Kelistrikan Masyarakat

Lewat kegiatan ini PLN UIW Sumbar berharap dapat memprakarsai pengurangan pembelian ulang buku dengan menyumbangkan buku yg tidak terpakai lagi kepada mereka yang memerlukan. Sehingga dapat membantu mengurangi penebangan pohon yang adalah bahan baku pembuatan kertas.

Seperti dituturkan Toni Wahyu dalam sambutannya, ''Buku dibuat dari kertas yang berasal dari pohon. Jika kegiatan seperti ini sering dilakukan, kita dapat mengurangi pembelian buku bagi mereka yang membutuhkan, karena mereka dapat menggunakan buku yang kita sumbangkan''

baca juga: Tak Mau Ketinggalan, Ratusan Pelanggan PLN Sumbar Ikuti Promo Super Merdeka Listrik

Toni Wahyu berharap PLN UIW Sumatera Barat dapat membudayakan upaya-upaya melestarian lingkungan, dimulai dari internal unit kerja, masyarakat sekitar, hingga masyarakat luas. ''Mari kembalikan kebaikan-kebaikan yang alam berikan kepada kita kembali ke alam. Semoga amalan baik kita dibalaskan dengan ganjaran setimpal dan berdampak positif bagi lingkungan,'' lanjut Toni Wahyu.

Gatot Catur Jatmiko, salah satu penyumbang buku, mengapresiasi positif kegiatan ini. ''Saya yakin banyak diantara masyarakat mempunyai buku-buku tidak terpakan, buku-buku sekolah khususnya, yang tidak terpakai lagi setelah anak-anak naik kelas. Jika disumbangkan, akan lebih bermanfaat. Ternyata secara tidak langsung menjaga lingkungan juga,'' sebutnya seusai kegiatan.*

baca juga: Stimulus Listrik Diperpanjang, Ini Cara Mendapatkannya

Editor: Khadijah