Bupati Pessel Bertemu Dua Dirjen Dalam Sehari, Ini Program yang Dibahas

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membahas dengan salah satu Dirjen di Kemen PUPR
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membahas dengan salah satu Dirjen di Kemen PUPR (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Setelah bertemu dengan Menteri PUPR, Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar langsung membahas sejumlah program usulan dengan dua Dirjen di Kementerian PUPR, Jumat 18 Juni 2021.

Pembahasan sejumlah program tersebut merupakan bentuk perhatian Kementerian PUPR dalam menanggapi permohonan Bupati, diantaranya yang berkaitan dengan kebutuhan dalam bentuk infrastruktur.

baca juga: Pertahankan WTP 5 Kali Berturut, Pessel Diganjar Penghargaan Kemenkeu

"Menindaklanjuti hasil pembicaraan dengan Mas Menteri kemarin. Jadi selanjutnya kita langsung membahasnya dengan Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air," ungkap Rusma Yul Anwar pada KLIKPOSITIF .

Pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Diana Kusumastuti berlangsung sebelum masuk salat Jumat. Sedangkan, dengan Dirjen Sumber Daya Air, Jarot Widyoko selepas salat Jumat, didampingi Kadis Perkimtan Pessel , Muhkridal dan Kadis PSDA Pessel , Doni Gusrizal.

baca juga: Maksimalkan Vaksin Setiap Hari, Camat Sutera Monitoring ke Nagari

"Dengan Dirjen Cipta Karya, diantaranya kita membicarakan program 1000 rumah untuk masyarakat tidak mampu di Pessel , termasuk penataan kawasan kumuh yang masih ada di Pessel ," jelasnya.

Selain, program bantuan untuk masyarakat dan program sanitasi, Bupati bersama Dirjen Cipta Karya juga membahas soal pengembangan pariwisata, salah satunya kawasan Mandeh.

baca juga: Realisasi PAD Rendah, Sekda Pessel Minta Bapen Tingkatkan Kinerja

"Itu kita berharap program 1000 homestay untuk Kawasan Wisata Mandeh bisa terwujud," terangnya.

Lalu, terkait pengembangan kawasan wisata Bayang Sani, Jembatan Akar, Timbulun Painan, PLTA Salido Ketek, PLTA Batang Kapas dan PLTA Pelangai untuk bisa dikembangkan lagi.

baca juga: Kebut Vaksinasi Hingga Akhir Tahun, Ini yang Dilakukan Pemkab Pessel

"Karena konsep wisata kita ingin memadukan wisata massal dengan wisata minat khusus. Bagaimana dengan pengembangan ini bisa lebih baik untuk Pessel seperti dalam perekonomian," tegasnya.

Sedangkan, dengan Dirjen Sumber Daya Air, Kemen PUPR pembahasan Bupati dalam memenuhi kebutuhan Pessel , tidak jauh berbeda, sebagaimana yang telah dimohonkan kepada Menteri PUPR.

"Kita berharap semoga apa yang kita upayakan ini bisa terwujud, dan dapat berdampak baik untuk kemajuan Pessel ," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Kamis 17 Juni 2021, Bupati Rusma Yul Anwar telah bertemu langsung Menteri PUPR dengan menyampaikan sejumlah usulan. Diantaranya, permohonan dalam penanganan normalisasi Batang Sungai Tapan.

Lalu, pengembangan pembangunan rest area di Puncak Paku, pembangunan sumber PDAM di Koto Pulai-Kecamatan Lengayang, penataan kawasan kumuh Painan. Kemudian, pengembangan infrastruktur tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Tapan beserta alat beratnya dan penataan drainase Kota Painan.

Kesempatan itu. Menteri Basuki Hadimuljono langsung memanggil Direktur Jenderal Cipta Karya dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air untuk menindaklanjuti diantaranya permintaan tersebut, dan Jumat 18 Juni 2021 ini sebagai tindak lanjutnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi