Kemenag Sebut Kerja Sama dengan Ormas Islam Sangat Penting dalam Unifikasi Kalender Hijriah

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF - Kemenag terus mengupayakan terwujudnya penyatuan atau unifikasi kalender Hijriah. Direktur Jenderal Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, peran ormas Islam sangat penting dalam upaya ini.

"Enggagement (kerja sama) dengan ormas Islam sangat penting sekali, sebagai stakeholder, mitra utama pemerintah dalam mencari solusi unifikasi kalender Hijriah," kata Kamaruddin dalam Temu Ahli Hisab Rukyat tahun 2021, di Jakarta, Kamis (17/6/2021).

baca juga: Seleksi CASN Kemenag Ramai Peminat, Setiap 100 Pelamar Bersaing dapatkan 1 Formasi

Menurut Kamaruddin, penyatuan kalander hijriah memerlukan upaya yang sangat luar biasa. Untuk itu, diperlukan perhatian yang sangat serius dan melibatkan banyak pihak.

"Harapan kita tim ahli hisab rukyat ini bisa melakukan kajian, melakukan studi pemahaman, termasuk nanti memberikan saran unifikasi kalender hijriah untuk kemaslahatan umat," jelasnya.

baca juga: Arab Saudi Kembali Izinkan Umrah dengan Syarat, Kemenag: Kami Berharap Jemaah Indonesia Tidak Harus Dipersyaratakan Seperti Itu

Kamaruddin menambahkan, upaya unifikasi kalender Hijriah ini belum masuk pada tahap kesimpulan. Pemerintah nantinya akan mendengar masukan dari semua pihak.

"Berbagai aktifitas baik domestik dan internasional juga terus kita lakukan, meski kita belum mencapai kesimpulan akhir," ujarnya.

baca juga: Malam Nanti Ada Takbir Akbar Virtual, Menag: Mari Agungkan Asma Allah

"Kementerian Agama berkepentingan sekali mendapatkan solusi terbaik untuk kita semua," tandasnya.

Editor: Haswandi