Seorang Pasien Positif COVID-19 Meninggal di RSUD Batusangkar, 8 Pasien Lainnya Masih Dirawat

Ilustrasi pemakaman pasien COVID-19
Ilustrasi pemakaman pasien COVID-19 (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Kasus kematian akibat COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar hari ini bertambah 1 orang sehingga total warga yang meninggal dunia sebanyak 73 orang,

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Batusangkar Sabtu 19 Juni 2021 menyampaikan, kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah sebanyak 4 orang satu orang diantaranya meninggal dunia di RSUD Ali Hanafiah Batusangkat, dan pasien sembuh 34 orang.

baca juga: Hari Ini 103 Warga Agam Sembuh dari Covid-19

Ia menyebut, seorang pasien yang meninggal dunia tersebut adalah Laki-laki usia 72 tahun, pensiunan, warga Kecamatan Padang Ganting. Dengan penambahan kasus kematian ini sehingga total keseluruhan pasien yang meninggal dunia akibat virus Corona di Tanah Datar sebanyak 73 orang.

Kemudian, Yesrita menyampaikan 3 warga yang terpapar COVID-19 adalah Perempuan usia 40 tahun, perawat, domisili di Kecamatan Tanjung Emas, Perempuan usia 32 tahun, Dosen, domisili di Kecamatan Limo Kaum, dan Laki-laki usia 66 tahun, Wiraswasta, domisili di Kecamatan X Koto.

baca juga: Mengadu ke Gubernur Sumbar Soal Ventilator, Dirut RSUD Lubuk Basung: Bulan Juli Ini Saja 30 Orang Meninggal

Disebutkan, data rekap kasus konfirmasi positif sampai pukul 17.00 Wib adalah sebanyak 2.412 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 2.056 orang, meninggal dunia 73 orang, pasien dirawat di rumah sakit 47 orang dimana 8 diantaranya dirawat di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar , dan isolasi mandiri 236 orang.

Ia terus mengingatkan seluruh masyarakat untuk patuh protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, karena melihat perkembangan kasus positif di Tanah Datar beberapa hari terakhir terus bertambah dan berada di zona orange dengan resiko sedang.

baca juga: Soal Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Tenaga Kesehatan

Diharapkan seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi, dan melakukan vaksin. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri