Hari Ini PPDB SMA/SMK di Sumbar Dibuka, Ini Jalurnya

Ilustrasi, seorang siswa memasuki gerbang SMKN 2 Padang
Ilustrasi, seorang siswa memasuki gerbang SMKN 2 Padang (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Hari ini, Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatera Barat dibuka.

"Sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 12 tahun 2021 dan Peratuan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 21 tahun 2021bahwa penerimaan peserta didik baru tahun ini ada empat jalur," kata Panitia PPDB Sumatera Barat, Suindra.

baca juga: Pemkab Pessel Akui Harga Minyak Goreng Belum Satu Harga

Ia mengatakan, jalur pertama adalah zonasi dengan jumlah penerimaan sebanyak 50 persen. "Syarat pendukungnya adalah Kartu Keluarga (KK) yang umurnya satu tahun," katanya.

Ia mengatakan, untuk zonasi tersebut, pihaknya menyatakan bahwa telah menyepakati zona sesuai dengan Kelurahan atau Nagari.

baca juga: Andre Rosiade Fasilitasi Pemprov Sumbar Temui Direksi BNI Bahas Peningkatan UMKM

Ia mengatakan, jalur kedua adalah jalur afirmasi yang diperuntukkan bagi siswa kurang mampu yang akan diferifikasi oleh Dinas Sosial.

"Jalur selanjutnya adalah jalur prestasi dengan jumlah kuota 30 persen, 15 persen untuk prestasi akademik dan 15 persen untuk prestasi non akademik," lanjutnya.

baca juga: Jembatan Akses Tiga Korong di Padang Pariaman Rusak Parah, Warga dan TNI Perbaiki Bersama

Ia mengatakan, untuk prestasi akademik, pihaknya akan melakukan seleksi dengan melihat akumulasi nilai rapor dari semester pertama sampai semester lima.

"Tidak hanya itu, untuk ini juga melihat nilai lima mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika," lanjutnya.

baca juga: Paguyuban Ibu-ibu Permasyarakatan Rutan Sawahlunto Hadiri Puncak Peringatan PIPAS ke-18 di Pantai Kata Pariaman

Sementara itu, untuk prestasi non akademik adalah sertifikat lomba-lomba resmi yang diikuti oleh siswa selama berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Yang terakhir adalah jalur tahfiz yang diperuntukkan bagi siswa penghafal alquran. Syaratnya minimal dua juz," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi