Lulus Kuliah Tapi Belum Bekerja, Buruan Join dengan VSGA Digital Talent Schorlaship yang Digelar PNP

Wakil Direktur I PNP, Revalin Herdianto
Wakil Direktur I PNP, Revalin Herdianto (riki)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang (PNP) kembali dipercaya oleh Kementerian Kominfo untuk melaksanakan pelatihan program Vocation School Graduate Academy (VSGA) Digital Talent Schorlaship tahun 2021.

Pelatihan dan sertifikasi bidang teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) yang akan digelar pada 15 Juli hingga 27 Agustus mendatang itu, tidak hanya untuk lulusan SMK atau D-III dan D-IV, tapi juga untuk lulusan SMA.

baca juga: Diikuti 289 Peserta, Program VSGA-DTS 2021 di Politeknik Negeri Padang Dibuka Kementerian Kominfo

"Ini tahun ketiga kami gelar. Tahun lalu, hanya untuk lulusan SMK , D-III dan D-IV, kalau tahun ini kami buka juga untuk lulusan SMA," kata Wakil Direktur I PNP, Revalin Herdianto saat ditemui KLIKPOSITIF .com di ruang kerjanya, Senin (21/6/2021).

Pada tahun ini, kata Revalin melanjutkan, skema pelatihan yang digelar juga sama dengan tahun sebelumnya, yaitu ada 6 skema. Namun bedanya, skema tahun ini ada Junior Graphic Designer. "Skema graphic designer inilah yang bisa diikuti oleh lulusan SMA," ujarnya.

baca juga: Sinergi dengan Industri, PNP Teken Kerjasama dengan PT Multi Pembayaran Digital

Enam skema itu, sebut Revalin, terdiri dari Junior Network Administrator, Junior Mobile Programmer, Junior Web Developer, Junior Graphic Designer, Intermediate Animator, dan Radio Frequency Engineer.

Bagi yang ingin join dengan program VSGA Digital Talent Schorlaship ini, segera mendaftar secara online melalui website kominfo di https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/VSGA.

baca juga: Migrasi Siaran Analog ke Digital Segera Dilakukan, Kominfo Siapkan Penyaluran Set Top Box untuk Rumah Tangga Miskin

Pendaftaran dibuka hingga 30 Juni 2021. Untuk tes substansinya, dilakukan pada 1-8 Juli 2021 dan pengumuman 12 Juli 2021. "Untuk di PNP sendiri, kuota yang kami sediakan terima terbatas, yaitu untuk 225 orang," ungkap Revalin.

Peserta VSGA Digital Talent Schorlaship, lanjut Revalin, diutamankan berdomisili untuk wilayah regional Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan yang meliputi, Sumbar, Aceh, Sumut, Riau, Kepri, Kalbar dan Kaltara.

baca juga: NIK Banyak Disalahgunakan, Dukcapil Usulkan Registrasi Prabayar Pakai Two Factor Otentication

Untuk kurikulum dan bahan ajar program VSGA, Revalin menuturkan ada dua sistim, yaitu tatap muka (daring via zoom) dan sistim pembelajaran mandiri melalui aplikasi yang telah disediakan dengan total jam pelatihan sebanyak 120 jam.

Rinciannya, 90 jam untuk pelatihan hard/technical skills dan 30 jam untuk pelatihan soft skills. Jumlah jam pelatihan dalam sehari 6 jam dengan rincian, 2 jam live session dan 4 pelatihan untuk belajar mandiri.

"Pada jam pelatihan belajar mandiri ini, peserta VSGA Digital Talent Schorlaship akan mengakses tugas-tugas yang diberikan melalui aplikasi yang disediakan," bebernya.

Bagi PNP, tambah Revalin, pelaksanaan program VSGA Digital Talent Schorlaship ini, merupakan bentuk kepercayaan dari Kominfo terhadap kesiapan struktur PNP dan tentunya juga menjadi tempat pelatihan bagi dosen untuk mengaplikasikan ilmunya, karena semakin banyak pelatihan, tentu akan semakin tajam pengalaman para dosen.

"Kemudian disamping itu, juga akan menambah kepercayaan pihak lain terhadap PNP untuk kerjasama berbagai program pelatihan," pungkas Revalin.(*)

Editor: Riki