Dinas Perternakan Pessel Turunkan Petugas Pantau Kesehatan Hewan Kurban

Ilustrasi
Ilustrasi (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Jelang Idul Adha 1442 Hijriah/ 2021 Masehi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menurunkan petugas untuk memaksimalkan pengawasan kesehatan hewan kurban .

Kepala Disnakkeswan Pessel , Efrianto mengatakan, pengawasan ini akan dilakukan secara aktif ke lapangan. Diantaranya untuk saat ini, pihaknya telah menurunkan sebanyak 26 petugas secara rutin.

baca juga: Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

"Mereka ini akan aktif melakukan pemantauan terhadap semua kegiatan masyarakat, terutama menyangkut perniagaan hewan kurban , baik untuk kebutuhan dalam daerah, maupun yang akan dikirim ke luar daerah," ungkap Efrianto, di Painan, Senin 21 Juni 2021.

Selain pengawasan dengan menurunkan petugas, pihaknya juga memperketat menggunakan surat kesehatan hewan kurban di penjual dan pembeli. Diantaranya dengan langsung ke pedagang atau kelompok ternak yang ada.

baca juga: Pembagian Bansos di Pessel, Bupati : Penyaluran Harus Taati Standar Protokol Kesehatan

"Termasuk juga kaum atau suku, instansi pemerintah baik daerah maupun vertikal, BUMN, perusahaan lainnya serta juga paguyuban-paguyuban dan kelompok arisan yang ada," terangnya.

Ia berharap, dengan adanya pengawasan ini guna menjaga kesehatan hewan kurban yang disembelih pada tahun ini. Tentunya dengan dukungan seluruh pihak.

baca juga: Wagub Sumbar Apresiasi, RSUD DM. Zein Painan Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

"Ya, kita berharap bisa mendukung bersama. Karena memang ini sangat penting untuk menghindari kita dari segala macam ancaman penyakit," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera