Siswa di Pessel Terpaksa Nyebrang Sungai Karena Jembatan Rusak, Pemkab Harapkan Bantuan BNPB

Kondisi bangkai bangunan jembatan Kampung Dusun Salak akibat banjir setahun lalu
Kondisi bangkai bangunan jembatan Kampung Dusun Salak akibat banjir setahun lalu (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel )-Sumbar mengharapkan perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mempercepat pembangunan jembatan gantung Dusun Salak Jalamu yang putus akibat luapan banjir setahun lalu.

Wakil Bupati Pessel , Rudi Hariansyah mengatakan, akibat putusnya jembatan, saat ini masyarakat telah kehilangan akses lain untuk beraktivitas. Bahkan banyak yang nekat menyeberangi sungai, termasuk siswa.

baca juga: Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

"Kita dorong BNPB untuk percepatan pembangunan jembatan itu. Proposalnya sudah disampaikan ke BNPB. Mungkin dananya saja yang belum cair," jelasnya.

Diketahui, jembatan di Kampung Dusun Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas terputus sejak September 2020 akibat terjangan banjir.

baca juga: Pembagian Bansos di Pessel, Bupati : Penyaluran Harus Taati Standar Protokol Kesehatan

"Jembatan itu ambruk karena bencana. jadi, lebih baik BNPB yang atasi, karena proposalnya sudah masuk. Kalau tidak juga, ya kita pakai APBD," terangnya.

Terpisah, Wali Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Satria Darma Putra mengatakan, jembatan Dusun Salak Jalamu sudah putus akibat banjir bandang hampir satu tahun.

baca juga: Wagub Sumbar Apresiasi, RSUD DM. Zein Painan Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

Menurutnya, akibat kerusakan itu, saat ini sekitar puluhan kepala keluarga yang tinggal di sana, terpaksa menyeberangi sungai jika ada aktivitas ke luar kampung. Bahkan, parahnya karena terpaksa para siswa di kampung ini kerap basah kuyup menyebrangi sungai, terlebih saat musim hujan.

"Dan kondisi ini, sudah pernah kami sampaikan dan mengusulkan ke pemerintah daerah agar pembangunan jembatan gantung dapat diprioritaskan," jelasnya.

baca juga: Ini Tiga OPD dengan Serapan Anggaran Terendah di Pessel

Bahkan pada 2020 lalu, katanya, tim dari Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama BPBD Pesisir Selatan dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah meninjau lokasi bencana dan berjanji untuk memperbaikinya.

"Pihak BNPB pun sudah berjanji akan mengusahakan pembangunan jembatan dengan kualitas yang lebih baik, tapi hingga kini belum juga," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera