KPPN Lubuk Sikaping Gandeng Pemda dalam Rangka Percepatan Penyaluran Dana Desa dan Dak Fisik 2021

KPPN Lubuk Sikaping Dengan Pemda dalam Rangka Percepatan Penyaluran Dana Desa dan Dak Fisik 2021
KPPN Lubuk Sikaping Dengan Pemda dalam Rangka Percepatan Penyaluran Dana Desa dan Dak Fisik 2021 (Ist)

KLIKPOSITIF -- KPPN Lubuk Sikaping tindak lanjut dari kunjungan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat pada tengah bulan Mei 2021 ke Bupati Pasaman Barat dalam rangka sinergi percepatan penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik baik pada Pemda Kabupaten Pasaman Barat . Hal itu dilakukan dengan kunjungan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Teguh Supriyanto beserta tim, mewakili Pemda Kabupaten Pasaman Barat berkoordinasi dan konsultasi langsung di KPPN Lubuk Sikaping terkait pemahaman aplikasi dalam proses penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik.

baca juga: Sempat Dibawa ke Bukittinggi, BKSDA Lepas Kembali Harimau Sipogu ke Hutan Pasaman Raya

Tahun 2021 ini Kabupaten Pasaman Barat mendapat alokasi DAK Fisik sebesar Rp 107.431.573.000,- dan untuk Kabupaten Pasaman sebesar Rp 75.869.000.000,-. Sampai dengan saat ini kedua pemda dimaksud belum merealisasikan DAK Fisik Tahun 2021 karena dalam tahap koordinasi dengan penanggung jawab kegiatan di bidang masing-masing.

Terkait dana desa, Kabupaten Pasaman Barat telah merealisasikan Rp 12.190.358.000,- (24.38%) dari pagu Rp 49.994.645.000,- sedangkan Kabupaten Pasaman lebih cepat dengan merealisasikan Rp 21.301.565.400,- (41.23%) dari pagu Rp 51.662.548.000,-. Walaupun sedikit terlambat dalam pengajuannya, namun penyelesaian dana desa lingkup KPPN Lubuk Sikaping secara prosentase hampir setara dengan pemda-pemda lain di wilayah Sumatera Barat.

baca juga: Disnaker Pasbar Sebut Pelaku Usaha Wajib Berikan BPJS Tenaga Kerja Untuk Karyawan

KPPN Lubuk Sikaping selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) penyalur, memproses setiap permintaan penyaluran yang diajukan sesuai dengan norma waktu penyelesaian SP2D penyaluran dan pencairan dana desa dari KPPN ke Rekening Kas Desa (RKD), dengan rata-rata waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja. Waktu penyelesaian ini lebih cepat dari norma waktu penyelesaian yang ditentukan yaitu 5 (lima) hari kerja.

Dengan memperkuat sinergi antara pemda dan KPPN diharapkan dapat lebih menggali informasi/ permasalahan yang dihadapi oleh pemda dalam menyalurkan dan mengelola DAK Fisik dan Dana Desa, sehingga bersama-sama dapat dilakukan upaya antisipasi sesuai dengan kewenangan masing-masing.

baca juga: Warga Ramai-ramai Minta Bupati Pasbar Copot Pj Wali Nagari Kinali, Ini Alasannya

Editor: Fitria Marlina