PPDB Sumbar Dibuka, Daftar Disini!

Ilustrasi
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) SMA dan SMK se-Sumatra Barat (Sumbar) tahun ajaran 2021 mulai dibuka hari ini, Senin (21/6).

Ketua PPDB online SMA dan SMK Sumbar Suindra mengatakan, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar telah menyiapkan mekanisme pendaftaran untuk calon peserta didik baru.

baca juga: Tambang PT Semen Padang Raih Proper Biru dari Pemprov Sumbar

Dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan diunggah ke laman pendaftaran PPDB yang telah ditentukan yakni https://ppdb.sumbarprov.go.id/. Calon siswa dapat mulai membuka link tersebut pada pukul 07.30 WIB.

"Kami sudah melakukan persiapan dengan maksimal, mulai dari rapat dengan semua OPD terkait, kepala cabang dinas, MKKS, tim IT dan panitia termasuk dengan tim percepatan Gubernur Sumbar," ujarnya, Senin (21/6).

baca juga: Sumbar Resmi Punya Alat Pemusnah Limbah B3 Berkapasitas 7 Ton Perhari

Dikatakan juga, siswa dapat memilih empat jalur dengan persentase penerimaan yang berbeda-beda, Yaitu zonasi dengan daya tampung 50 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan tugas orangtua dengan daya tampung hingga 5 persen.

Suindra mengingatkan agar calon peserta didik jangan sampai salah dalam pengetikan data karena ditakutkan tidak bisa diproses oleh sistem. Menurutnya, kalau bisa peserta didik harus didampingi para orangtua agar bisa menentukan pilihan dengan tepat, misalnya memilih sekolah, jarak rumah dari sekolah dan yang lainnya.

baca juga: Mahasiswa Biologi Unand Gelar Lomba Bertaraf Nasional, Peserta Ada dari India

"Jika ada kendala, masyarakat juga dapat melapor ke posko pengaduan yang sudah disediakan. Untuk posko pegaduan di Kota Pada ada di Kantor Dinas Pendidikan Sumbar, kemudian ada di seluruh kantor cabang dinas untuk melayani masyarakat di kabupaten kota," ujarnya.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengadu ke posko yang ada di setiap sekolah SMA dan SMK yang tersebar di seluruh Sumbar. Menurutnya, sekolah wajib melayani masyarakat yang ingin mencari informasi dan mengadukan masalah seputar PPDB Online.

baca juga: Dirjen Yankes Dukung Percepatan BKIM Jadi Rumah Sakit Mata Sumatera Barat

"Posko ini tujuannya untuk menjelaskan tata cara pendaftaran kepada calon siswa yang membutuhkan dan membantu persoalan yang dihadapi calon siswa," katanya.

Editor: Joni Abdul Kasir