Jadi Pusat Pelayanan Kecelakaan Kerja, RSUD dr Achmad Darwis Sambut Sosialisasi BPJamsostek

Sosialisasi JKK di RSUD dr Achmad Darwis.
Sosialisasi JKK di RSUD dr Achmad Darwis. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - RSUD dr Achmad Darwis di Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota telah resmi menjadi Pusat Pelayanan Kecelakaan Kerja (PLKK). Kerjasama dengan pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Bukititnggi berlaku hingga Desember 2021.

Untuk meningkatkan pemahaman segenap petugas medis dan manajemen rumah sakit tentang manfaat dan alur layanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), pihak BPJamsostek Bukittinggi menggelar sosialisasi di RSUD dr Achmad Darwis di Jalan Tan Malaka No 1, Sungai Rimbang, Suliki, Jumat (18/6/2021. Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh direktur rumah sakit beserta jajaran.

baca juga: Seminggu Pencarian Hasnadi, Tim SAR 50 Kota Hentikan Pencarian

Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Bukittinggi, Ocky Olivia menyebut keberadaan RSUD dr Achmad Darwis sebagai PLKK tentunya sangat memudahkan peserta. Katanya, para pekerja yang mengalami kecelakaan kerja tidak perlu menunda berobat menunggu ada uang atau malah berobat ke pengobatan alternatif.

"Dengan PLKK ini, peserta BPJamsostek dapat langsung menuju RSUD dr Achmad Darwis agar mendapatkan pengobatan yang dibutuhkan," sebutnya.

baca juga: Hasnadi Belum Ditemukan, Basarnas 50 Kota Tetap Lakukan Pencarian di Hari Lebaran

Peserta yang mengakses PLKK, sambung Ocky, tidak akan mengeluarkan biaya rumah sakit sepeserpun. Biaya pengobatan kecelakaan kerja akan ditanggung sepenuhnya sampai sembuh dan sampai kembali bekerja.

"Sifat program jaminan kecelakaan kerja di BPJamsostek adalah tak terbatas batas sampai dokter menyatakan sembuh. Tentunya diharapkan peserta senantiasa tertib membayar iuran agar tidak terkendala saat proses administrasi di rumah sakit," terangnya.

baca juga: Lapas Kelebihan Kapasitas, Wabup Lima Puluh Kota Tawarkan Lahan untuk Bangunan Baru

Ocky Olivia mengucapkan terimakasih atas kerjasaama antara RSUD dr Achmad Darwis dengan BPJamsostek.

"Harapan kami dengan kerja sama ini seluruh peserta dapat merasakan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan pengobatan dan perawatan program kecelakaan kerja," jelasnya.

baca juga: Lima Puluh Kota Daftarkan Puluhan Desa Wisata di Ajang Nasional, Pemkab Gandeng ADKI

Sementara itu Direktur RSUD dr Achmad Darwis, dr Henky Pramudya mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan kepada peserta dengan sebaik-baiknya.

"Sebagai rumah sakit tipe C, kami memiliki fasilitas kegawat daruratan dan tenaga medis yang siap menolong pasien dalam waktu 24 jam," ungkapnya.

Sosialisasi penuh kekeluargaan itu digelar dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan guna mencegah Covid-19. Peserta sosialisasi dari RSUD dr Achmad Darwis sangat antusias dalm menerima materi yang diberikan dari petugas BPJamsostek Bukittinggi. (*)

Editor: Taufik Hidayat