Penanggulangan Banjir Dua Daerah di Sumbar Diserahkan Pada BPBD Kabupaten

Banjir Jambak
Banjir Jambak (klikpositif/ Man St Pambangun)

PADANG, KLIK POSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Sumatera Barat, menyatakan, untuk penanggulangan banjir yang terjadi di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, diserahkan pada BPBD masing-masing daerah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Pagar Negara, di Padang, Minggu 27 November 2016 mengatakan, untuk banjir di Kabupaten Pasaman Barat diserahkan pada BPBD setempat, sementara untuk banjir di Kabupaten Pasaman sampai saat ini BPBD Sumbar belum mendapat laporan resmi dari BPBD Pasaman.

baca juga: Diguyur Hujan, Ini Data Banjir dan Longsor yang Terjadi di Pessel

"Untuk Kabupaten Pasaman Barat, laporanya akibat banjir Sabtu 26 November 2016, sebanyak 15 rumah dan dua unit tempat ibadah terendam banjir , namun untuk Pasaman sampai saat ini belum ada data jumlah rumah yang terendam ataupun dampaknya," kata Pagar.

Ia menambahkan, untuk penanggulangan pasca banjir tersebut, saat ini diserahkan pada BPBD setempat, namun jika dibutuhkan kami siap terjun lansung kelokasi.

baca juga: Sungai Meluap, Tujuh Warga Padang Terjebak

Diserahkannya penanganan pasca banjir kedaerah yang bersangkutan dikarenakan, menurut BPBD Sumbar untuk logistik dan juga perlengkapan darurat bencana telah disalurkan ke BPBD kabupaten dan kota, dari bantuan BNPB pada pertengahan tahun 2016.

"Untuk logistik dan peralatan tanggap darurat seperti tenda atau selimut telah ada di kabupaten dan kota, sebab itu jika daerah terdampak bencana membutuhkan bantuan baru kami turun kelapangan" tegasnya.

baca juga: Kelompok Jurnalis Jadi Salah Satu Tim Terbaik Perancang Infografis Kebencanaan

Logistik kebencanaan bantuan dari BNPB yang disalurkan pada BPBD kabupaten dan kota, yang diterima oleh Provinsi Sumbar ada sebanyak satu kontainer yang memiliki 40 kaki.

"80 persen dari isi kontainer tersebut telah diserahkan pada BPBD kabupaten dan kota," ujarnya.

baca juga: Andre Rosiade Bagikan Nasi Bungkus untuk Korban Banjir di Padang

Sehubungan dengan itu, sebelumnya diberitakan, genangan air akibat hujan deras dan meluapnya beberapa aliran sungai di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, pada Sabtu 26 November 2016, mengakibatkan banjir di beberapa lokasi.

Salah satunya di Kabupaten Pasaman, genangan air bercampur lumpur sudah surut sejak Minggu, 27 November 2016 pagi. Setidaknya 60 rumah warga di kawasan Jambak terendam banjir .

Sementara di Pasaman Barat, dua kecamatan yang terkena banjir yakni Kecamatan Talamau dan Kecamatan Ranah Batahan

Di Kecamatan Talamau banjir menggenangi permukiman warga dan puluhan hektar areal persawahan,  warga mengetahui banjir sekitar Pukul 17:20 WIB, banjir terjadi  Lokasi  Jorong benteng, jorong perhimpunan Nagari sinuruik ,Kecamatan Talamau.

Dampak Bencana rumah warga terendam banjir 15 unit, Mesjid  dua unit, dan menggenangi areal Sawah diperkirakan 20 hektate. Sementra itu, Banjir di Kecamatan  Ranah Batahan mengakibatkan 50 unit rumah terendam, 20 KK di ungsikan ketempat yang tinggi. (*)

Penulis: Eko Fajri