Politeknik Negeri Padang Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto (tiga dari kanan) didampingi Wakil Direktur II Anton dan Wakil Direktur III Junaididalam kegiatan launching Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri bersama media
Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto (tiga dari kanan) didampingi Wakil Direktur II Anton dan Wakil Direktur III Junaididalam kegiatan launching Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri bersama media (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang ( PNP ) membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru . Kali ini, pendaftaran untuk Jalur Mandiri Diploma III (A.Md) dan Sarjana Terapan (S.Tr) atau D-IV. Waktu pendaftaran, dibuka dari 15 Juni hingga 28 Juli 2021.

Wakil Direktur I PNP Revalin Herdianto dalam kegiatan launching Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri bersama media, Rabu (23/6/2021) mengatakan, ada empat bidang yang dibuka pendaftarannya untuk mahasiswa baru .

baca juga: PNP Serahkan Bantuan Modul PLC untuk SMK Dhuafa Padang

Pertama, D-III Bidang Rekayasa dengan jurusan teknik mesin, teknik alat berat, teknik sipil, teknik listrik. Kemudian D-III teknik elektronika, teknik telekomunikasi, teknik komputer. Lalu D-III manajemen informatika, sistem informasi kampus Tanah Datar, dan teknologi sipil Kampus Tanah Datar.

Kedua D-III Bidang Tata Niaga yang terdiri dari jurusan administrasi bisnis, akuntansi, usaha perjalanan wisata dan Bahasa Inggris. Kemudian yang ketiga, adalah D-IV Bidang Rekayasa yang terdiri dari teknik elektronika, teknik manufaktur, teknik perencanaan irigasi dan rawa.

baca juga: 1.730 Mahasiswa Baru Resmi Jadi Civitas Akademika PNP

Kemudian, jurusan perancangan jalan dan jembatan, manajemen rekayasa kontruksi, serta teknik telekomunikasi dan teknologi rekayasa perangkat lunak dan jurusan teknologi rekayasa instalasi listrik. Keempat, D-IV Bidang Tata Niaga yang terdiri dari jurusan Akuntansi dan Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional.

"Untuk pendaftaran calon mahasiswa baru tanggalnya sama. Akan tetapi, pelaksanaan ujian dengan Sistem UTBK ada yang berbeda," kata Revalin didampingi Wakil Direktur II Anton dan Wakil Direktur III Junaidi,

baca juga: PNP Terima 1 Unit Mobil Ambulans dari BNI

Ia menambahkan, perbedaan seleksi jalur mandiri tahun ini dibandingkan tahun lalu adalah dalam hal pelaksanaan. Tahun lalu, pelaksanaan seleksi mandiri PNP bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah X membawahi 15 kampus.

"Bedanya tahun lalu dengan tahun ini, dulu bergabung dengan LLDIKTI, sekarang dilakukan sendiri, karena pandemi masih berlangsung, sehingga tak memungkinkan mengundang massa dalam jumlah besar," katanya.

baca juga: 76 Mahasiswa Politeknik Negeri Padang Ikuti Bimtek dan Uji Sertifikasi Kompetensi

Kendati situasi Pandemi Covid 19 belum berakhir, Revalin optimis bahwa pelaksanaan Ujian UTBK berjalan dengan baik. Mengingat, tidak hanya kali ini saja ujian UTBK PNP dilaksanakan.

Dalam ujian UTBK nanti, sebutnya, akan dibagi dalam tiga sesi ujian. Dua sesi di pagi hari bidang rekayasa dari jam 8.00 - 10.00 dan jam 11.00 - 13.000. Kemudian Slsatu sesi di siang hari bidang tataniaga pada jam 14.00 - 16.00.

"Berdasarkan pengalaman kita menggelar beberapa kali Ujian UTBK, alhamdulillah berjalan lancar. Kami pastikan ujian menggunakan Standar Protokol Covid 19, dimana peserta wajib pakai masker, mencuci tangan menjaga jarak," katanya.

"Tenaga pengawas pun kita lengkapi juga dengan hand sanitizer dan faceshield. Pelaksanaan ujian kita bagi dalam tiga sesi menggunakan 16 labor komputer. Satu labor maksimal diisi 9 sampai 12 peserta dari kapasitas 24 peserta," tambahnya.(*/rel)

Editor: Riki