Banyak Remaja Penyintas Covid-19 di Sumbar, Ini Kata IDAI

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Penularan Covid -19 terhadap anak paling banyak menyasar kalangan remaja di Sumatera Barat sejak tahun 2020 lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Tim Covid -19 Anak, Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI ) Sumatera Barat, dokter Finny Fitry Yani, Rabu 23 Juni 2021.

baca juga: Hari Ini 103 Warga Agam Sembuh dari Covid-19

"Kasus positif Covid -19 pada anak di Sumatera Barat didominasi usia remaja. Hal itu disebabkan karena kebiasaan remaja yang sering nongkrong atau berkumpul bersama, sehingga mengabaikan protokol kesehatan Covid -19," katanya.

Menurutnya, remaja sering kali mengabaikan protokol kesehatan Covid -19 saat berkumpul bersama temannya.

baca juga: Mengadu ke Gubernur Sumbar Soal Ventilator, Dirut RSUD Lubuk Basung: Bulan Juli Ini Saja 30 Orang Meninggal

"Misalnya saja melepaskan masker saat bercengkrama, tidak menjaga jarak, tidak menjaga kebersihan, dan kurang memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi sehingga imun tubuh lemah," lanjutnya.

Pihaknya mencatat, total sudah ada 6.000 lebih anak yang terkonfirmasi positif covid -19 di Sumbar dan mayoritas terjadi pada usia remaja.

baca juga: Soal Vaksinasi Dosis Ketiga, Ini Kata Tenaga Kesehatan

Ia mengimbau agar orangtua lebih mengawasi keberadaan anak guna mengantisipasi terpaparnya covid -19. Sebab saat ini telah memasuki masa libur sekolah, sehingga diharapkan anak-anak agar tetap berada di rumah.

"Di tengah masih tingginya kasus penularan Covid -19 di Sumatera Barat, sebaiknya orang tua tidak mengizinkan anak untuk berlibur ke tempat wisata dan banyak menghabiskan waktu berkumpul bersama teman di luar rumah," tutupnya.

baca juga: Kebijakan PSBB Hingga PPKM Tidak Akan Efektif Tanpa Testing dan Tracing yang Masif

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi