BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di Seluruh Sumbar

pergerakan awan (ilustrasi)/
pergerakan awan (ilustrasi)/ (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengitkan potensi potensi curah hujan sedang hingga lebat di seluruh Wilayah Sumatera Barat  hingga tiga hari kedepan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang, Budi Iman Samiaji, di Padang, Senin 28 November 2016 mengatakan, terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera (925/850 mb) yang membentuk pertemuan massa udara di sekitar perairan Mentawai.

baca juga: Harga Cabai Merah di Pariaman Terus Naik

"Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah sekitarnya, sehingga menumbulkan potensi hujan sedang hingga lebat," kata Budi.

Ia menambahkan, hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Mentawai meluas ke wilayah Pasaman Barat, Padang (meluas ke Indarung, Sitinjau Laut, Kabupaten Solok bagian barat ), Kota Pariaman, Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Tiku.

baca juga: Bulan Bakti Karang Taruna Sumbar, Gubernur Ajak Pemuda Berperan Aktif Mendukung Program Pemerintah

BMKG menjelaskan, sementara pertumbuhan awan hujan secara lokal berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Maninjau dan meluas ke Agam, Bukitinggi, Payakumbuh, Lima Puluh Kota bagian barat, Pasaman.

Awan hujan di Padang Panjang dapat meluas ke Tanah Datar, Lembah Anai, Kayu Tanam, Sicincin, Singkarak, Alahan Panjang, Sawahlunto, Kota Solok, Gunung Talamau Pasaman bag barat.

baca juga: Tersisa 2 Desa yang masih Zona Kuning di Pariaman

"Sementara potensi hujan lebat  di wilayah Riau bagian barat juga berpotensi meluas ke Sumatera Barat bagian Timur seperti Lima Puluh Kota (Pangakalan) dan Pasaman bagian timur," jelasnya.

Demikian juga dengan potensi hujan lebat  di Jambi seperti Kerinci, Muaro Bungo berpotensi meluas ke wilayah Padang Aro, Sijunjung, Sawahlunto, Muaro Kalaban dan sekitarnya, Dharmasraya, Pesisir Selatan bagian selatan.

baca juga: Andre Rosiade: Usai PON, FORKI Sumbar Seleksi 198 Karateka Muda untuk Kejurnas

Selain hujan, angin kencang berpotensi terjadi di Mentawai, Pesisir pantai barat Sumatera Barat, Solok, dan Padang Panjang.

"Dari kondisi cuaca tersebut secara meteorologis  perlu diwaspadai genangan air, longsor dan banjir di wilayah pesisir pantai Sumatera Barat seperti Padang, Pariaman ,Pasaman Barat,Pesisir Selatan, Mentawai, Solok, Lima Puluh Kota, Agam, Maninjau, dan Solok Selatan," tegasnya.

Budi menambahkan, sebab itu masyarakat tetap diminta waspada saat terjadi hujan, terutama masyarakat yang rawan terjadi babjir, tanah longsor, atau yang tinggal di dekat aliran sungai. (*)

Penulis: Eko Fajri