Penerapan Perda KTR Kota Solok Masih Belum Maksimal

Sosialisasi Perda KTR Kota Solok terhadap OPD
Sosialisasi Perda KTR Kota Solok terhadap OPD (Ist)

Solok, KLIKPOSITIF - Dinas Kesehatan Kota Solok melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Selasa (26/6/2021) di ruang rapat Balai Kota Solok .

Perda nomor 1 tahun 2020 itu disosialisasikan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Satpol PP, Inspektorat dan bagian hukum di lingkungan Pemko Solok.

baca juga: PKSI Kota Solok Bantu Baju Hazmat Untuk Petugas BPBD

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Ardinal menjelaskan, Kawasan Tanpa Rokok artinya tidak boleh ada kegiatan merokok, penjualan dan promosi rokok di kawasan yang telah ditentukan.

Kawasan tersebut meliputi fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat beribadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan.

baca juga: Kota Solok Kembali Raih KLA Kategori Madya

"Rumah Sakit seharusnya menjadi tempat yang sehat dan higienis, namun kenyataannya penetapan Kawasan Tanpa Rokok masih butuh sosialisasi," paparnya.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui ketentuan terkait Kawasan Tanpa Rokok di Rumah Sakit yang telah dinyatakan secara normatif melalui regulasi pemerintah.

baca juga: Usaha Kambing Hantarkan Hendra Saputra Wakili Kota Solok di Tingkat Provinsi

Kepala Bidang PPSDK Dinkes Kota Solok , dr. Hiddayaturrahmi, menuturkan, kandungan zat-zat dalam rokok (nikotin dan tar) dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit mematikan.

"Dampak buruk terhirupnya asap rokok bukan hanya berisiko terhadap perokok, namun juga berdampak buruk bagi orang-orang yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok yang mencemari udara bebas di sekitar perokok," paparnya.

baca juga: Wawako Solok : Generasi Muda Harus Tetap Produktif di Masa Pandemi

Selain memberikan dampak buruk bagi kesehatan, kegiatan merokok juga berdampak terhadap ekonomi, baik secara pribadi, daerah, maupun nasional.

Editor: Syafriadi