Kanwil DJPB Sumbar Lakukan Simulasi Evakuasi Bencana dan Pemadaman Kebakaran

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat melakukan simulasi evakuasi bencana dan pemadaman kebakaran tahun 2021
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat melakukan simulasi evakuasi bencana dan pemadaman kebakaran tahun 2021 (Ist)

KLIKPOSITIF - Dalam rangka Implementasi Business Continuity Plan (BCP) dan upaya mitigasi risiko terjadinya bencana di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat melakukan simulasi evakuasi bencana dan pemadaman kebakaran tahun 2021 kepada seluruh pegawai dan PPNPN di Aula dan Lapangan Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat, Jumat tanggal 25 Juni 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pegawai dan PPNPN Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat beserta Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang selaku pendamping dan fasilitator. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam menghadapi potensi bencana kepada seluruh Pegawai dan PPNPN yang merupakan tindakan mitigasi resiko jika nantinya terjadi bencana alam dan kebakaran di Provinsi Sumatera Barat sehingga lebih siap menghadapi bencana tersebut. Kegiatan tersebut terdiri dari dua sesi, dimulai dengan simulasi evakuasi bencana yang dilakukan di Aula Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat kemudian dilanjutkan dengan sesi simulasi pemadaman kebakaran di Halaman Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Jokowi Sampaikan 4 Arahan Ini Terkait Ketangguhan dalam Menghadapi Bencana

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat Rumainur mengatakan, Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang rawan bencana alam seperti gempa bumi.

"Sehingga sangat perlu kiranya memberikan pemahaman dan pelatihan kepada seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Barat sehingga lebih siap jika nanti terjadinya bencana gempa bumi yang waktu terjadinya tidak dapat diprediksi", dengan adanya kegiatan ini Rumainur sangat medukung dan memberikan apresiasi kepada Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat karena dengan rutin tiap tahun memberikan simulasi evakuasi bencana kepada seluruh Pegawai dan PPNPN," ungkapnya.

baca juga: BPBD Padang Sebut Shelter Pasar Raya Paling Bagus Hadapi Bencana

Petugas Damkar Kota Padang Abdul Hamid mengungkapkan bahwa kebakaran dapat terjadi kapan dan dimana saja sehingga setiap pegawai dan PPNPN harus selalu siap dan siaga jika nanti terjadi kebakaran dimanapun berada. "Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh Pegawai dan PPNPN Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat sebagai bentuk antisipasi apabila kebakaran terjadi," ungkapnya.

Pada Kesempatan ini Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat Heru Pudyo Nugroho menyampaikan terima kasih kepada Tim dari BPBD Provinsi Sumatera Barat dan Tim Damkar Kota Padang karena telah menjadi pendamping dan fasilitator sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

baca juga: BNPB Perkuat Peran dan Fungsi Pusdalops Daerah

Heru menghimbau kepada seluruh Pegawai dan PPNPN Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat agar lebih aware terhadap kemungkinan terjadinya bencana . "Karena Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang rawan bencana di Indonesia dan mengikuti kegiatan ini dengan sungguh -- sungguh ungkapnya.

Editor: Fitria Marlina