Solsel Buka Pendaftaran 390 Formasi Seleksi CPNS

Kabid PPA BKPSDM Solsel Soni Andesta
Kabid PPA BKPSDM Solsel Soni Andesta (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Mulai 30 Juni sampai 21 Juli tahun 2021 ini Kabupaten Solok Selatan ( Solsel ) membuka pendaftaran sebanyak 390 formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pembinaan Aparatur (PPA) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solok Selatan Sony Andesta mengatakan dari 390 formasi tersebut untuk CPNS sebanyak 142 orang dan PPPK Guru 248 orang.

baca juga: Terkait Hal Ini, Pemkab Solok Selatan Tandatangani Kerja Sama dengan Politeknik Negeri Padang

"Rekrutmen CPNS 142 orang, yaitu untuk tenaga kesehatan 53 orang, teknis 86 orang dan disabilitas tiga orang," kata Soni Andesta di Padang Aro Kamis, 1/7.

Untuk tes CPNS katanya, rencananya akan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang pada 24 Agustus sampai 4 Oktober 2021.

baca juga: Porang, Durian dan Kapulaga Masuk Komoditi Unggulan Pertanian Solsel, Ini Alasannya

"Sebelumnya Calon pelamar seleksi pengadaan CPNS bisa melakukan pendaftaran secara online ke laman portal SSCASN 2021 http://sscasn.bkn.go.id ," katanya

Dia menambahkan, karena keterbatasan anggaran, panitia seleksi daerah nantinya akan melakukan pemanggilan peserta untuk mengikuti ujian CAT Seleksi Kompetensi Dasar kepada 2.000 pendaftar pertama yang memenuhi syarat administrasi.

baca juga: DPRD Setujui Ranperda RPJMD Solsel 2021-2026 Jadi Perda

Dia melanjutkan, khusus untuk seleksi PPPK guru yang diprioritaskan untuk diterima adalah guru honorer kategori dua yang honor di sekolah Negeri dan terdata di Dapodik, kemudian guru dengan PPG atau sertifikat pendidik serta guru yang sudah honor di sekolah swasta.

"Guru yang bisa ikut seleksi PPPK harus sesuai yang terdaftar dalam data Dapodik," ujarnya.

baca juga: Wagub Sumbar: Curang Saat Tes CPNS Rugikan Diri Sendiri

Dia mengatakan seleksi PPPK Guru dikelola langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan ini merupakan program pengangkatan satu juta guru oleh Kemendikbud.

"Karena dikelola langsung oleh Kemendikbud, Pemerintah Daerah hanya menerbitkan SK pengangkatan saja," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi