Gubernur Sumbar Ingatkan umat Jaga Iman dan Imun Lawan COVID-19

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah (rmd)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengingatkan masyarakat meningkatkan iman dan imun untuk melawan penyebaran COVID-19 yang kembali merebak.

"Dengan iman kita menerapkan semua ajaran islam yang mendorong untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, dengan meningkatkan imun kita meminimalkan kemungkinan terpapar virus COVID-19," katanya saat memberikan tausiyah di Masjid Al Aqsa, Kelurahan Tanah Garam, Kota Solok, Jumat (2/7/2021)

baca juga: Andre Rosiade Usulkan Solusi Vaksin untuk Jamaah Umroh Indonesia

Menurut gubernur menerapkan protokol kesehatan diantaranya menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan sejalan dengan ajaran agama.

Demikian juga meningkatkan imun dengan berbagai upaya seperti vaksinasi dan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

baca juga: Pramuka Diminta Fokus Sukseskan Vaksinasi dan Lawan Hoaks

Lebih dalam ia mengupas secara agama, umat islam diajarkan membersikan sanifarin (rongga hidung) pada saat berwudhu dengan cara istinjak (sunah dalam berwudu) memasukan air dihidung dan dikeluarkan kembali, untuk membersihkan rongga hidung.

Islam juga mengajarkan melalui amalan dan sunnah untuk menjaga kesehatan sehingga bisa menjalankan ibadah secara maksimal.

baca juga: Gebyar Vaksin, Cara Kota Solok Wujudkan Herd Immunity

"Maka laksanakan semua amalan yang diajarkan dengan sempurna," ujarnya.

Ia mengatakan ada beragam cara meningkatkan daya tahan tubuh, diantaranya dengan mengkonsumsi bahan makanan yang bisa ditanam di lingkungan rumah seperti jahe, sayuran hijau, dan madu

baca juga: Mahyeldi Sebut Mahasiswa STAI-YDI Punya Modal Wujudkan Sumbar Madani

"Dengan menguatkan iman dan imun ini akan tumbuh generasi yang kuat secara mental dan fisik sesuai ajaran islam yang mengatakan mukmin yang kuat, lebih baik dari mukmin yg lemah," ujarnya.

Saat ini menurut Data Dinas Kesehatan Sumbar jumlah kota/kabupaten yang masuk zona kuning COVID-19 berjumlah tujuh daerah sementara Kota Solok masih masuk zona orange dengan skor 2,37. Dengan demikian, mayarakat Solok diminta untuk tetap taat prokes dan meningkatkan imun.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra mengatakan kedatangan Gubernur ke Solok merupakan bentuk kepedulian terhadap warga Solok, karena itu ia mengucapkan terima kasih.

Sementara itu pengurus masjid Misran Masdagar mengatakan ini adalah kali pertama jamaah Masjid Al Aqsa dikunjungi oleh Gubernur Sumbar .

Ia berharap agar pada Ramadhan nanti masjid kembali dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan Provinsi.

Ikut hadir dalam acara itu Kasatpol PP Sumbar Dedy Diantolani, Rusdi Saleh, Taufik, Anggota DPRD Solok Ade Marta, Kabag Rumah Tangga Syefdinon, tokoh masyarakat dan pengurus masjid.

Editor: Joni Abdul Kasir