Tiga OPD di Padang Laksanakan WFH

Wali Kota Padang, Hendri Septa
Wali Kota Padang, Hendri Septa (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Padang menetapkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Tiga OPD tersebut adalah Inspektorat, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Dinas Perhubungan.

baca juga: Pemprov Sumbar Rencanakan Bangun Rest Area di Batas Padang - Solok

"Pelaksanaan WFH ini karena ada beberapa orang di OPD tersebut yang diketahui positif Covid-19," kata Wali Kota Padang , Hendri Septa.

Menurutnya, kebijakan WFH tidak dapat dilakukan pada semua ASN, karena ada beberapa OPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik, dan harus bertugas di lapangan untuk melakukan pengawasan.

baca juga: Nenek Penjual Ikan Keliling Kehabisan Modal: Terima Kasih Pak Andre, Saya Bisa Jualan Lagi

"Misalnya saja OPD Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak dapat WFH karena setiap hari petugas di lapangan harus membersihkan Kota Padang dari tumpukan sampah," lanjutnya.

Selain itu, menurutnya Satpol PP juga termasuk pengecualian, karena harus ke lapangan mengawasi penerapan protokol kesehatan dan penegakan peraturan daerah.

baca juga: Seorang Wartawan dan Satu Rekannya Dikeroyok OTK di Kota Padang

Ia mengatakan, alasan lainnya tidak menerapkan WFH pada seluruh ASN karena kondisi Kota Padang masih dalam situasi kondusif meski masuk dalam zona resiko sedang penyebaran Covid-19 atau zona orange.

Ia mengimbau agar ASN lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama bekerja.

baca juga: Diskominfo Padang Klaim Seluruh Website dan Aplikasi yang Mereka Miliki Aman dari Serangan Hacker

"Masker harus tetap digunakan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjaga kebersihan. Selain itu, sementara waktu tidak melakukan perjalanan dinas ke luar Provinsi Sumatera Barat," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi