Kota Payakumbuh Raih 3 Penghargaan Dari BNNP Sumbar

Kota Payakumbuh Raih 3 Penghargaan Dari BNNP Sumbar
Kota Payakumbuh Raih 3 Penghargaan Dari BNNP Sumbar (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kota Payakumbuh raih 3 penghargaan dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika ( P4GN ) dari Badan Narkotika Nasional ( BNN ) Provinsi Sumatera Barat. Penghargaan ini berdasarkanSurat Keputusan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat Nomor: KEP / 159 / VI / KA/ PC.00.03/ 2021/BNNP Tentang Penerima Piagam Penghargaan tertanggal 25 Juni 2021.

Dalam surat tersebut, Kepala BNN Provinsi Sumbar Khasril mengapresiasi tokoh atau lembaga yang mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ) di Provinsi Sumatera Barat, perlu diberikan piagam penghargaan. Dari 7 penghargaan yang diberikan, 3 di antaranya diraih oleh Kota Payakumbuh .

baca juga: Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

"Untuk kriteria Perorangan diraih oleh Camat Payakumbuh Barat Junaidi, untuk kriteria Instansi Pemerintah diraih oleh Kelurahan Nunang Daya Bangun dan Lingkungan Pendidikan diraih SMAN 5 Payakumbuh," ujar Khasril.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan Camat Junaidi dikenal dekat dengan masyarakat dan dinilai BNN telah aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2014. Hal ini dilakukannya sejak bertugas di Kelurahan Bunian, Junaidi memprakarsai Kelurahan Bunian Bersih Narkoba dengan kegiatan tes urine dan pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan mengawasi peredaran gelap narkoba di kelurahan Bunian serta aktif mencarikan solusi bagi masyarakat Bunian yang ingin berubah dari ketergantungan narkotika.

baca juga: Sebanyak 136 Warga Payakumbuh Terima Bantuan Dari Kemensos RI

"Keaktifan Junaidi dalam P4GN tidak hanya dilakukan di Kelurahan Bunian saja, saat pindah ke Kelurahan Kapalo Koto. Dibalai pun Bapak Junaidi juga mengaktifkan Taruna Anti Narkoba. Kemanapun Junaidi Bertugas, dia selalu mengambil perhatian khusus terhadap permasalahan narkoba. Terakhir saat menjabat Camat Payakumbuh Selatan, Junaidi mendeklarasikan Kecamatan Payakumbuh Selatan Bersinar, dia membawa semua program P4GN seperti Satgas, Relawan, Agen Perubahan ke Kecamatan Payakumbuh Selatan," ujar Riza.

Selain itu, saat berdinas di Kecamatan Payakumbuh Barat, Junaidi juga mengembangkan program Kelurahan Bersinar pada kelurahan- kelurahan yang dipimpinnya. Konsistensi Junaidi selama lebih 8 tahun dalam P4GN yang menjadikannya layak mendapat penghargaan HANI 2021. Kemudian kategori kedua yaitu Kelurahan Nunang Daya Bangun yang dinilai telah melakukan pembentukan Kelurahan Bersinar pertama di Kota Payakumbuh .

baca juga: Wawako Erwin Yunaz Jadi Pembina Upacara di Hari Guru Nasional

"Kelurahan Nunang Daya Bangun berinisiatif untuk menggandeng BNN dalam mengatasi permasalah narkoba dan menjadi pilot projek program Kelurahan Bersinar. Saat ini Kelurahan Daya Bangun telah memiliki program IBM dan Agen Pemulihan, Ketahanan Keluarga dan Remaja, kegiatan olahraga rutin seperti kompetisi Badminton dan Silat, hingga pengembangan aspek spiritual bagi masyarakat serta sudah merehabilitasi beberapa warga mereka secara mandiri," katanya.

Penghargaan ketiga yang diraih Kota Payakumbuh yaitu SMAN 5 Payakumbuh yang aktif dalam upaya P4GN sejak tahun 2019. Hal ini sejak penandatangan MoU dengan BNN , SMA N 5 Payakumbuh rutin melakukan upaya tes urine, sosialisasi P4GN , hingga konseling dan upaya rehabilitasi bagi siswa yang terdampak narkoba.

baca juga: DP3AP2KB Kota Payakumbuh Tunjuk 5 Kelurahan Sebagai Pilot Project Kelompok Ketahanan Keluarga

"SMAN 5 Payakumbuh juga aktif dalam semua kegiatan P4GN yang diinisiasi BNN Kota Payakumbuh seperti rakor, pengisian acara, bimtek dan lain sebagainya. SMA N 5 Payakumbuh merupakan SLTA yang sangat konsisten dalam P4GN . Alhamdulillah, ini adalah bukti konsistensi kita dalam memerangi narkoba di Payakumbuh, tugas ini memang bukan hanya dari pemerintah dan aparat hukum saja, tetapi masyarakat juga harus ikut aktif membentengi diri, keluarga, dan lingkungan dari jerat narkoba karena ada banyak generasi yang harus kita selamatkan dari barang haram ini," kata Riza dan berharap dukungan dan kepedulian semua pihak.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah