Ventilator Bantuan Singapura dan Australia Tiba di Indonesia, Ini Jumlahnya

Bantuan ventilator dan oksigen dari Singapura tiba di Indonesia, Jumat (09/07/2021).
Bantuan ventilator dan oksigen dari Singapura tiba di Indonesia, Jumat (09/07/2021). (Humas Kemenkes)

KLIKPOSITIF -Dukungan kerja sama pemerintah Australia berupa 1.000 ventilator telah tiba jelang tengah malam, Jumat, 9 Juli 2021 di Indonesia . Dukungan ini adalah wujud kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Indonesia dan Australia sebagai negara sahabat dan mitra strategis komprehensif.

Selain ventilator , Australia juga akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin,oxygen concentrator, tabung oksigen, test kit antigen, dan alat-alat kesehatan lainnya secara bertahap.

baca juga: Indonesia Ingin Bangun Training Camp Untuk Atlet Difabel

Selain Australia , Indonesia juga telah menerima bantuan dan dukungan dari Pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19, yang mana dalam beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan kasus yang tinggi.

Bantuan berupa 200 ventilator , 256 tabung oksigen kosong ukuran 40 liter, serta 30 unitoxygen concentratordari total 10.000 unit pembelian mandiri dari Pemerintah Indonesia yang dibawa menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat (09/07/2021) siang, untuk selanjutnya dilakukan serah terima perwakilan dari Pemerintah Singapura kepada Pemerintah Indonesia .

baca juga: Terkait Hal Ini, Universitas Al-Azhar Kairo Setujui Permohonan Indonesia

Setibanya di Indonesia , seluruh bantuan tersebut selanjutnya akan dikalibrasi dan dilakukan pengecekan fungsi di pusat fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) serta Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) untuk memastikan keselamatan dan keamanan alat-alat kesehatan.

Selain Singapura dan Australia , beberapa negara sahabat lainnya juga telah menawarkan dukungan kepada Indonesia , yaitu Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, UAE, India, RRT dan entitas internasional lainnya.

baca juga: Indonesia Akhiri Kerja Sama REDD+ dengan Norwegia, Ini Alasannya

Dalam waktu dekat, Pemerintah RRT juga akan mengirimkan sejumlah peralatan medis yang dibutuhkan seperti 1.000 unitoxygen concentrator5 liter, 500 unitoxygen concentrator 10 liter. Bantuan tersebut siap dikirim dari Shanghai ke Indonesia dalam waktu dekat ini.

Editor: Haswandi