Jokowi : Dari Rumah Masing-masing Mari Kita Tundukkan Kepala

Presiden Jokowi pada acara #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia, MInggu (11/07/2021) siang, secara virtual.
Presiden Jokowi pada acara #PrayFromHome: Dari Rumah untuk Indonesia, MInggu (11/07/2021) siang, secara virtual. (BPMI Setpres/Lukas)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menundukan kepala mengheningkan cipta serta ikut mendoakan agar pandemi COVID-19 cepat berlalu.

"Dari rumah masing-masing mari kita tundukkan Kepala, mengheningkan cipta , doa dari rumah kita panjatkan dan terus ikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir," ujar Presiden Jokowi dalam kegiatan Pray From Home: Dari Rumah untuk Indonesia, yang diinisi Kementerian Agama. Minggu (11/7/2021).

baca juga: Ingatkan Para Bupati dan Wali Kota, Jokowi : Yang Dibutuhkan Sekarang Ini Adalah Kepemimpinan Lapangan

Presiden mengungkapkan, upaya lahir batin harus dilakukan untuk menghadapi pandemi ini. "Menghadapi situasi sulit seperti sekarang ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah. Memanjatkan doa memohon pertolongan Allah SWT agar beban kita diringankan, agar rakyat bangsa, negara, juga dunia terbebas dari pandemi," kata Presiden .

Jokowi kembali mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi menjaga keselamatan jiwa. "Yakinkan keluarga dan lingkungan terdekat agar beraktivitas di rumah saja. Dalam mengatasi COVID-19, ini merupakan ijtihad kebangsaan kita, karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama," tegas Presiden Jokowi .

baca juga: Presiden Ajak Masyarakat Hidup Berdampingan Dengan COVID-19

Akhirnya, Presiden berharap Pray From Home selanjutnya dapat menjadi gerakan bersama semua masyarakat Indonesia untuk membangun optimisme dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu,Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, #PrayFromHome menjadi kelanjutan dari acara Hening Cipta Indonesia. Rangkaian acara ini merupakan ikhtiar batin, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi segera berakhir.

baca juga: Tinjau Vaksinasi di Jawa Tengah, Presiden Jokowi Terkejut Bertemu 'Saudara Kembar'

"Dengan berdoa, kita kuatkan spiritualitas, optimisme, harapan, dan keyakinan bahwa kita dapat menghadapi pandemi ini dan kondisi akan segera kembali normal," tandas Menag.

Menurut Menag Yaqut, penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi yang sedang digalakkan Pemerintah adalah perlindungan diri. Dan doa merupakan senjata spiritual umat yang ampuh untuk mendukung keberhasilan semua upaya yang sudah dilakukan dalam mengatasi pandemi.

baca juga: Tak Terduga Presiden Jokowi Bertemu Joko Widodo, Gubernur Jateng : Saudara Kembar Ternyata Ya

"#PrayFromHome, dari rumah untuk Indonesia merupakan ikhtiar batin untuk menyempurnakan upaya lahir yang sudah dilakukan oleh Pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani pandemi ini," terang Menag.

Editor: Haswandi