Idul Adha Ditetapkan Pada 20 Juli 2021, Menteri Agama Keluarkan 2 Surat Edaran

Ilustrasi sapi kurban
Ilustrasi sapi kurban (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Pemerintah Indonesia telah menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada hari Minggu 11 Juli 2021 kemarin. Dengan penetapan itu, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Selasa 20 Juli 2021.

Menteri Agama ( Menag ) Yaqut Cholil Qoumasmenyampaikan, dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha , ia telah mengeluarkan surat edaran terkait panduan ibadah.

baca juga: Menag Yaqut : Kemenag Milik Semua Agama dan Harus Memfasilitasi Semua Agama

Pertama, adalah SE Nomor 16 tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Idul Adha , dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M di Luar Wilayah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kedua, SE Nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.

baca juga: Menag Klarifikasi Pernyataan Kementerian Agama Hadiah Untuk NU: Itu Motivasi Internal

Khusus terkait dengan pelaksanaan kurban, Menag menekankan bahwa dalam pelaksanaannya harus mematuhi aturan yang disebutkan dalam surat edaran.

"Khususnya terkait pembagian daging kurban, ini harus menjadi perhatian para panitia, bahwa daging kurban harus diantarkan kepada penerimanya. Tidak boleh ada antrian dalam pembagian daging kurban seperti tahun-tahun sebelumnya," tegas Menag .

baca juga: Selamat, Inilah Daftar Nama Pemenang Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga yang Digelar Kemenag

"Akhirnya, saya mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Iduladha, dan tetap jaga protokol kesehatan. Karena, dalam kondisi saat ini, menjaga diri artinya juga menjaga lingkungan sosial di sekitar kita," tutup Menag .

Editor: Haswandi