Tegas, Jokowi: Ke Depan Jangan Ada Lagi Gesekan Antara Prajurit TNI dan Anggota Polri

Presiden Jokowi berbincang dengan penerima Adhi Makayasa, pada Praspa TNI-Polri Tahun 2021, Selasa (13/07/2021) pagi, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.
Presiden Jokowi berbincang dengan penerima Adhi Makayasa, pada Praspa TNI-Polri Tahun 2021, Selasa (13/07/2021) pagi, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. (Setkab)

KLIKPOSITIF - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyoroti masih adanya gesekan yang terjadi antara prajurit TNI dan anggota Polri . Ditegaskannya hal tersebut sudah tidak boleh lagi terjadi.

"Kadang kita masih mendengar berita mengenai gesekan yang terjadi antara prajurit TNI dan anggota Polri . Ke depan, hal ini sudah tidak boleh terjadi lagi, harus disudahi," ujarnya saat bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI - Polri Tahun 2021, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/07/2021)

baca juga: Pemerintah Perpanjang Diskon PPnBM DTP Hingga Akhir Tahun, Beli Mobil Baru Bebas Pajak

Jokowi menegaskan TNI dan Polri merupakan alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebab itu, prajurit TNI dan anggota Polri harus bersinergi untuk kepentingan bangsa dan negara.

" TNI dan Polri harus bersinergi, harus terus berkoordinasi, harus bergotong royong untuk kepentingan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia," jelasnya.

baca juga: Pemerintah Prioritaskan Aspek Berkelanjutan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Ditambahkan Presiden, dalam persaingan dunia yang semakin ketat, kekuatan bangsa yang sangat sentral adalah kesatuan dan persatuan. Bangsa Indonesia tidak mungkin memenangkan kompetisi global jika tidak ada sinergi yang kokoh di dalam negeri.

"Keberagaman sosial dan budaya harus dimanfaatkan sebagai kekuatan dan sumber inspirasi. Seluruh komponen bangsa harus bersatu untuk menjadi Indonesia incorporated yang kokoh bersaing dalam kompetisi global," imbuhnya.

baca juga: Penerapan Ganjil-Genap di Kawasan Wisata Akan Diterapkan di Seluruh Indonesia, Menhub: Cegah Kepadatan

Krisis akibat pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, imbuh Presiden, bisa memperkokoh kepedulian, kegotongroyongan, persatuan, dan kebersamaan serta mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja serta pengembangan teknologi dan industri. Presiden pun berpesan kepada prajurit TNI dan anggota Polri untuk ikut berpartisipasi menyelesaikan dan belajar dari krisis ini serta ikut serta memperkokoh kebersamaan berlandaskan Pancasila.

"Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Dan, melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme dan penuh rasa percaya diri," pungkasnya.

baca juga: Longsor, Dua Unit Rumah Tertimbun dan Akses Jalan di Nyiur Melambai Pessel Tertutup Material

Editor: Eko Fajri