Rangsang Partisipasi Masyarakat, PMI Kota Solok Gelar Vaksinasi Massal

Ketua PMI Kota Solok, Yutris Can jalani vaksinasi Covid-19
Ketua PMI Kota Solok, Yutris Can jalani vaksinasi Covid-19 (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Merangsang partisipasi masyarakat untuk mengikuti vaksin Covid-19, Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kota Solok menggelar kegiatan vaksinasi massal, Rabu (14/7/2021).

Dalam vaksinasi yang dilakukan di gedung PMI Kota Solok, dibantu petugas dari Puskesmas Tanjung Paku dan melibatkan seluruh keluarga besar PMI Kota Solok, mitra strategis serta warga dan masyarakat sekitar.

baca juga: Ingat Tiga Hal Ini Bisa Pemicu Kenaikan Kasus Covid-19

Sekretaris PMI Kota Solok, Ronny D. Daniel mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bentuk upaya PMI untuk memaksimalkan pelaksanaan vaksin kepada masyarakat.

"Ini merupakan bentuk dukungan PMI Kota Solok dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah Covid-19 ,"ungkap Ronny.

baca juga: Hari Ini Seorang Lansia Positif COVID-19 di Tanah Datar

Dalam vaksinasi yang digelar dalam satu hari itu, lebih kurang seratusan masyarakat ikut menjalani vaksin yang diberikan secara gratis. Sebelum divaksin, peserta mengisi formulir dan menjalani pengecekan kondisi kesehatan.

Dikatakannya, selama pandemi, PMI Kota Solok telah ikut berperan dengan bergabung dalam Tim Gugus Tugas Kota Solok, dan aktif melakukan penyemprotan disinfektan bersama relawan lainnya.

baca juga: Jokowi Minta Libur Natal dan Tahun Baru Dikelola dengan Baik

Ketua PMI Kota Solok, Yutris Can menjadi peserta pertama yang mendapatkan vaksin, disusul sejumlah Wakil ketua meliputi Rudi Horizon dan Deddy Akbar serta Riano Oskar serta masyarakat.

Menurut Yutris Can, vaksinasi menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat penanganan wabah Covid-19 di Kota Solok.

baca juga: Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Politisi Gerindra: Kebut Vaksinasi di Setiap Daerah

"Vaksinasi akan merangsang kekebalan terhadap serangan virus, setelah vaksin, kita bersama tetap menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Pihak PMI juga memberikan apresiasi terhadap masyarakat yang ikut menjalani vaksinasi dengan memberikan doorprice atau hadiah. Untuk selanjutnya, vaksin dosis kedua akan diinformasikan jadwal dan tempatnya kepada para peserta.

Editor: Syafriadi