Serapan APBD 2021 Semester I Rendah, Pemkab Pessel Evaluasi Kegiatan Seluruh OPD

Pj. Sekretaris Daerah Pessel, Luhur Budianda
Pj. Sekretaris Daerah Pessel, Luhur Budianda (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat bakal melakukan evaluasi seluruh hasil realisasi kegiatan OPD semester I dalam menggenjot serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Pj. Sekretaris Daerah Pessel, Luhur Budianda mengungkapkan, langkah tersebut dilakukan setelah melihat hasil serapan APBD semester I yang telah berjalan. Dari 45 persen target, hingga per 30 Juni hanya mencapai 30.55 persen.

"Ini memang cukup rendah. Jadi nanti akan kita evaluasi melalui monitoring bersama Bupati atau Wakil Bupati," ungkapnya pada KLIKPOSITIF, di Painan, Jumat 16 Juli 2021.

Total APBD Pessel 2021 sebesar Rp1,6 triliun. Rendah serapan anggaran pada semester I ini, diantaranya diakibatkan karena ada proses refocusing anggaran. Pada 2021 ini, setidaknya Pemkab Pessel melakukan 3 kali penyusunan anggaran dalam penanganan Covid.

Selain refocusing, penerapan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) dari Kemendagri juga cukup berpengaruh terhadap mulai realisasi anggaran. Karena. untuk memulai harus melalui usulan dan pemutakhiran data.

Namun, kendati demikian, tentu Pemkab harus tetap memiliki solusinya dalam mempercepat serapan. Diantaranya, kata Budianda Luhur, dengan percepat belanja barang dan jasa serta kendala lainnya menjadi penghambat.

"Tentu dengan ada permasalahan ini, kita cari solusinya cepat. Karena kami tahu, APBD juga bertujuan untuk menstimulasi ekonomi dan mensejahterakan masyarakat," terang pria yang juga Kabiro Administrasi Pembangunan Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi