Tingginya Animo Masyarakat, Pemko Payakumbuh Gelar Mega Gebyar Vaksinasi

Pemko Payakumbuh Gelar Mega Gebyar Vaksinasi
Pemko Payakumbuh Gelar Mega Gebyar Vaksinasi (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Pasca digelarnya Gebyar Vaksinasi beberapa waktu lalu, Pemko Payakumbuh kembali akan gelar Mega Gebyar Vaksinasi pada Senin 19 Juli 2021 mendatang. Hal ini untuk menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal mengatakan pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi ini akan dilakukan di Pusat Kota Payakumbuh yaitu di Halaman Balai Kota Payakumbuh selama satu minggu. Pelaksanaannya sendiri akan dimulai sejak Senin 19 Juli 2021 hingga Sabtu 24 Juli 2021 mendatang.

baca juga: Mengapa Varian Baru Virus Corona Dinamakan Omicron? Ini Penjelasannya

"Kegiatan ini akan melibatkan seluruh puskesmas dan OPD terkait, kecuali hari Selasa karena libur Lebaran Idul Adha. Seluruh vaksinasi yang dilaksanakan dipuskesmas kita fokuskan ke satu titik di halaman balaikota selama seminggu dan ini kita laksanakan demi menjawab semangat masyarakat kita yang luar biasa untuk ikut divaksin," kata Riza, Jumat 16 Juli 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bakhrizal mengatakan target vaksin yang disalurkan dalam Mega Gebyar Vaksinasi sebanyak 10.000 dosis. Menurutnya, seluruh puskesmas, camat, dan lurah akan fokus ke vaksinasi yang digelar di Halaman Balai Kota Payakumbuh .

baca juga: Ini Ketentuan Biaya RT-PCR yang Hasilnya Selesai Lebih Cepat

"Setiap unsur harus terlibat, termasuk OPD, kita tetap harus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sehingga sasaran vaksinasi kita secara keseluruhan yaitu sekitar 60 ribuan warga yang belum terjangkau dapat dilakukan," ujar dr. Bakhrizal.

Ia menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi ini, Pemerintah Kota Payakumbuh hanya melayani warga yang memiliki KTP Kota Payakumbuh dan pelaksanaan vaksinasi ini tetap menjaga protokol kesehatan yaitu wajib masker dan menjaga jarak dalam pelaksanaannya.

baca juga: Strategi Satgas COVID-19 Cegah Masuknya Varian Omicron ke Indonesia

"Nantinya pendaftaran peserta akan dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga selesai dan petugas puskesmas sudah disiapkan melayani warga dengan pola shift setiap petugas puskesmas," kata dr. Bakhrizal yang akrab disapa Pak Bek tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah