Darurat Militer Jadi Trending di Medsos, Netizen Jelaskan Artinya Berdasarkan KBBI

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Adanya pemberitaan yang menyatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Indonesia sedang dalam keadaan darurat militer langsung mendapatkan sorotan tajam dari berbagai pihak.

Bahkan di media sosial seperti twitter .com, dari pantauan Klikpositif.com, kata darurat militer ini jadi trending topi, dimana hingga sabtu (17/7) sore hasteg tersebut telah telah di Tweets 7,857.

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara-negara Lain

Salah satu yang mengkritik pernyataan Muhadjir adalah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon. Melalui akun Twitternya, Fadli Zon menyebut Muhadjir mengeluarkan pernyataan ngawur.

darurat militer trending di twitter
darurat militer trending di twitter

Fadli Zon pun mempertanyakan maksud darurat militer ke mantan Menteri Agama (Menang) itu. Terlebih, tidak ada militer di Indonesia yang berada di dalam situasi darurat.

baca juga: Kasus Covid-19 Mulai Turun, Pemerintah Waspada Hadapi Natal dan Tahun Baru

"Pernyataan ini ngawur, kok bisa mengatakan sekarang darurat militer . Mana militernya?," tanya Fadli Zon, Sabtu (17/7/2021).

Sementara Dr. Rizal Ramli melalui akunnya @RamliRizal mentweets "Ini kok Mentei ndak genah amat ya ? Klo dibaca di luar negeri Indonesia darurat militer (military emergency), itu mah kampanye sangat negatif Slightly smiling faceThumbs down," tulisnya.

baca juga: Realisasi PEN Sudah Capai Rp428,21 Triliun, Terbesar Untuk Perlindungan Sosial

Ada juga netizen yang menjelaskan arti kata darurat militer berdasarkan KBBI V, yang ditulis @alvinlie21

"Apa Itu Darurat Militer Seperti Dikatakan Menko Muhadjir?. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, darurat militer berarti 'keadaan darurat suatu wilayah yang dikendalikan oleh militer sebagai pemimpin tertinggi', tulisnya.

baca juga: Anggota DPR Ini Minta Tindak Oknum Polisi yang Intimidasi Warganet

Editor: Eko Fajri