Mahasiswi IAIN Batusangkar Ini Menjadi Satu-satunya dari PTKIN di Pulau Sumatera Lulus Seleksi Internasional Summer Course

Nadia Agustina
Nadia Agustina (kemenag)

KLIKPOSITIF - Nadia Agustina, mahasiswi Jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, lulus seleksi Internasional Summer Course on Tropical Biodiversity and Sustainable Development (ISC-TBSD) 2021.

Nadia Agustina menjadi satu-satunya mahasiswa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di pulau Sumatera yang mendapatkan kesempatan ini.

baca juga: Pemerintah Tetapkan Standar Kelulusan CPNS 2021, Ini Info Lengkapnya

Ajang ini diselenggarakan oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) Universitas Gajah Mada (UGM) berkolaborasi dengan Universiti Tunku Abdul Razak (UTAR) Malaysia, University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia, dan Charles Darwin University Australia.

Hasil seleksi diumumkan Ketua KOBI, Budi Setiadi Daryono pada 19 Juli 2021 di Yogyakarta. Ada dua pemenang, full-funded yang dibiayai sepenuhnya oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) dan Half funded (bantuan 50 persen), dan sebanyak 21 mahasiswa masuk katagori peserta ISC-TBSD 2021 dengan pembiayaan penuh (Full Funded).

baca juga: RS Hampir Penuh, Luhut Minta Pemda DIY Tingkatkan Kapasitas Tempat Tidur

KOBI merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi Biologi dalam penguasaan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan sumber daya alam hayati (bioresources) secara optimal dan berkelanjutan bagi kesejahteraan umat manusia.

Dalam proses seleksi, mahasiswa semester VI Tadris Biologi ini mengangkat tema: "Technology and Biodiversity Conservation". Nadia meneliti tentang bagaimana teknologi berperan dalam merawat keanekaragaman hayati di Indonesia. Nadia melakukan penelitiannya di Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat.

baca juga: Kebijakan PSBB Hingga PPKM Tidak Akan Efektif Tanpa Testing dan Tracing yang Masif

Saat melakukan observasi lapangan, Nadia menggunakan peraalatan seadanya. Objek hayati yang diteliti juga sebatas yang berada di sekitar tempat tinggalnya. "Karena masa pendemi Covid 19 dan perkulihan berlangsung dengan sistem daring, saya menggunakan alat seadanya dengan dibimbing dosen," katanya di Batusangkar, Kamis (22/7/2021).

Nadia berharap karyanya bisa bermanfaat bagi orang banyak, terutama mahasiswa Jurusan Biologi. Dia juga berharap capaian ini bisa membanggakan almamaternya. "Untuk menuntaskan penelitian ini, alhamdulillah saya dapat pembiayaan penuh dari KOBI," terang Nadia.

baca juga: Ratusan Berkas Pelamar CPNS di Kota Padang Dinyatakan Tidak Lengkap

Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, memberikan apresiasi atas prestasi Nadia Agustina dalam bidang biologi. "Alhamdulillah Nadia berhasil mendapatkan pembiayaan penelitian dari Lembaga ternama semacam KOBI dengan jaringan dunia internasional," katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Sirajul Munir mengatakan, prestasi ini menjadi kebanggaan dan bernilai positif bagi IAIN Batusangkar. "Semoga apa yang diraih Nadia Agustina dapat menginspirasi mahasiswa lainnya dan menjadi nilai tambah bagi IAIN Batusangkar," kata Sirojudin.(

Editor: Eko Fajri