Dinas Pertanian Padang: Jumlah Hewan Kurban Tahun Ini Meningkat

Penyembelihan hewan kurban
Penyembelihan hewan kurban (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Dinas Pertanian Kota Padang mencatat jumlah hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 Masehi meningkat.

"Dibandingkan tahun lalu, jumlah hewan kurban di Kota Padang meningkat sekitar 500-an ekor," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang , Syahrial Kamat, Jumat 23 Juli 2021.

baca juga: Karena Pandemi, Target PAD Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang Berkurang Lebih 50 Persen

Ia mengatakan, jumlah hewan kurban yang dicatat pada tahun 2021 sebanyak 7.580 ekor. Sementara pada tahun 2020 lalu, jumlah hewan kurban di Kota Padang sebanyak 7073 ekor. "Peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini didominasi oleh kambing," lanjutnya.

Ia mengatakan, jumlah kambing pada tahun 2020 sebanyak 300 ekor dan meningkat 100 persen. Pada tahun 2021, jumlah hewan kurban sebanyak 600 ekor. "Tidak hanya kambing, sapi juga ada peningkatan sebanyak 200an ekor," lanjutnya.

baca juga: 24.500 Pelajar di Kota Padang Sudah di Vaksin Covid-19, Dinkes: Masih Ada Orangtua Tidak Izinkan Anaknya di Vaksin

Ia mengatakan, peningkatan tersebut diperkirakan karena telah mulai membaiknya perekonomian masyarakat karena pandemi Covid-19.

Sebelumnya Dinas Pertanian Kota Padang mencatat 10 ekor sapi kurban yang telah disembelih saat perayaan Idul Adha kemarin bermasalah.

baca juga: Kecelakaan Beruntun Libatkan 9 Kendaraan di Jalan Padang-Bukittinggi, Ada yang Masuk Kolam dan Sawah

"Kami menurunkan petugas sebanyak 62 orang untuk melakukan pengecekan di masjid-masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban ," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang , Syahrial Kamat, Jumat 23 Juli 2021.

Ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan pemantauan di 242 masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban di Kota Padang . "Dari 242 masjid itu, kami melakukan pemeriksaan terhadap 2.045 ekor sapi dan 200 ekor kambing," katanya.

baca juga: Masih Rendah, Capaian Vaksinasi Lansia Kota Padang Baru Belasan Persen

Dari total tersebut, ada 10 ekor yang ditemukan adanya cacing di hati hewan kurban tersebut dan pihaknya langsung melakukan pemeriksaan lebih intens. "Setelah kami cek di labor, ada sebanyak tiga dari 10 kasus tersebut yang hati hewan kurban itu harus dimusnahkan," lanjutnya

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani