Usai Sembelih Sapi Kurban Andre Rosiade di Mushalla Baitul Huda Kuranji, Jamaah Balanjuang Randang

Pemotongan hewan kurban dari Andre Rosiade dan balanjuang di Mushalla Baitul Huda, Pasa Lalang, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (22/7).
Pemotongan hewan kurban dari Andre Rosiade dan balanjuang di Mushalla Baitul Huda, Pasa Lalang, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (22/7). ()

PADANG, KLIKPOSITIF - Seekor sapi yang diantarkan tim Andre Rosiade ke Mushalla Baitul Huda, Pasa Lalang, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang sangat berarti bagi warga sekitar. Pasalnya, dua hari sebelum Idul Adha belum ada tanda-tanda akan ada sapi atau kambing kurban di mushalla itu.

"Alhamdulillah, satu ekor sapi diantarkan tim pak Andre Rosiade ke mushalla dan kami bersiap-siap melaksanakan pemotongan hewan kurban. Karena kami tidak membentuk panitia kurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Siapa yang mau berkurban saja," kata Jalaluddin pengurus mushalla sekaligus imam, Kamis (22/7) di sela-sela pemotongan hewan kurban.

baca juga: Andre Rosiade Kembali Boyong Kepala Daerah di Sumbar Temui Menteri PUPR

Di mushalla itu dan 4 mushalla serta 1 masjid lainnya di sekitar Pasa Lalang, Idul Adha memang baru dirayakan Kamis, dua hari setelah keputusan resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI. Jamaah adalah penganut tarikat Syatariah yang menyamakan jadwal mereka dengan maniliak (melihat) bulan di Ulakan, Padangpariaman.

"Kami memang di sini Syatariah mengikut ke Ulakan. Tempat orang pertama yang membawa agama Islam ke Sumbar, Syekh Burhanuddin berdakwah. Sekarang, di sana kami mendengarkan Kulifah (kalifah/pemimpin) Firmansyah," kata Jalaluddin didampingi pengurus RW 7 Kelurahan Kuranji, Syamsibar dan pengurus mushalla lainnya.

baca juga: Andre Rosiade Minta Menteri Investasi Turun Tangan Atasi Ancaman Smelter China

Akhirnya, kata Jalaluddin, di mushallanya itu disembelih lima ekor sapi dan dua ekor kambing. "Malam harinya ada saja yang mengantar sapi-sapi kurban dan paginya ada pula yang menggiring dua ekor kambing ke mushalla. Alhamdulillah, banyak juga kurban kami," kata Jalaluddin yang menyebut ada sekitar 50 kepala keluarga (KK) di sekitar mushalla.

Tokoh perempuan Pasa Lalang, Syamsibar mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Andre Rosiade yang berkurban di mushalla mereka. Hal itu sudah mengobati kerinduan warga kepada Andre yang mayoritas mereka pilih pada Pileg 2019 lalu. Apalagi, lokasi itu menjadi tempat pertama Andre Rosiade berkampanye jelang pemungutan suara.

baca juga: Berkat Andre Rosiade, 25 Rumah Dibedah di Dharmasraya

"Alhamdulillah, sapi kurban dari pak Andre Rosiade sudah sampai dan kami sembelih di mushalla. Semoga menjadi berkah untuk pak Andre Rosiade , keluarga dan Partai Gerindra . Daging ini akan kami masak bersama dan balanjuang serta dibagi-bagikan kepada warga," kata Syamsibar lagi.

Andre Rosiade berterima kasih kepada tim yang telah mengantarkan sapi ke masjid dan mushalla yang ada di Sumbar, termasuk di Pasa Lalang, Kuranji. "Alhamdulillah, kami bisa berkurban di mushalla ini dan mohon maaf tak bisa langsung datang karena masih PPKM di Jakarta," kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (*)

baca juga: Gerindra Payakumbuh Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Warga

Editor: Riki