Vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai Masih Minim, Ini Alasannya

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF - Capaian vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai , Sumbar, baru menyentuh angka 19,49 persen untuk vaksinasi pertama.

"Sampai saat ini, untuk vaksinasi tahap pertama kami baru memvaksin sebanyak 14.501 orang untuk vaksinasi yang pertama," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepualauan Mentawai , Lahmuddin Siregar saat dihubungi klikpositif.com, Sabtu 24 Juli 2021.

baca juga: Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Tidak Picu Keguguran pada Ibu Hamil

Sementara untuk vaksinasi yang kedua, pihaknya menyatakan sudah menyuntikkan kepada 6.573 orang masyarakat di kabupaten tersebut.

"Total warga yang harus divaksin sebanyak 74.720 orang," lanjutnya.

baca juga: Tentukan Kelompok yang Penuhi Syarat Untuk dapat Vaksinasi Ketiga, CDC Lakukan Pemungutan Suara

Ia mengatakan, jumlah tersebut memang masih jauh dari target yang harus dipenuhi. Tetapi, ia menyatakan bahwa pihaknya memiliki beberapa alasan sedikitnya capaian tersebut.

"Kami sangat terkendala oleh transportasi untuk pengangkut vaksin ini," lanjutnya.

baca juga: Pemerintah Tetapkan Empat Belanja Prioritas di Bidang Kesehatan dalam Kondisi Pandemi

Menurutnya, pihaknya sangat kewalahan dengan sulitnya transportasi untuk mengantarkan vaksin ke 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Kepulauan Mantawai.

"Kami biasanya mengirim vaksin sebanyak 10 sampai 15 vial ke Puskesmas-puskesmas dan jika habis, harus menunggu adanya transportasi lagi," lanjutnya.

baca juga: Turunkan Level PPKM, Wali Kota Padang Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai Target dalam 1 Minggu

Tidak hanya itu, cuaca juga diklaim menjadi penghalang pengantaran vaksin ke Puskesmas yang tersebar di beberapa Kecamatan.

"Kalau vaksin di Puskesmas habis dan kami akan mengantarkan vaksin , tiba-tiba badai dan pengiriman vaksin kembali ditunda," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi