Digelar di Tiga Titik, Mega Gebyar Vaksinasi Payakumbuh Capai 1.000 Dosis Lebih

Wakil Wali Kota Payakumbuh saat meninjau salah satu titik vaksinasi di Halaman Balai Kota Payakumbuh
Wakil Wali Kota Payakumbuh saat meninjau salah satu titik vaksinasi di Halaman Balai Kota Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Mega Gebyar Vaksinasi Pemerintah Kota Payakumbuh capai 1.000 lebih dosis, Jumat 23 Juli 2021. Vaksinasi bagi warga ber-KTP Payakumbuh ini sendiri digelar di 3 titik yaitu Halaman Balai Kota Payakumbuh , Kantor Camat Payakumbuh Barat, dan Kantor Camat Payakumbuh Utara.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan adanya ketiga titik vaksinasi ini membuat masyarakat dari berbagai kalangan sangat antusias untuk melakukan vaksinasi. Dalam pelaksanaannya, Pemko Payakumbuh bekerjasama dengan beberapa puskesmas seperti Puskesmas Parit Rantang, Air Tabit, Padang Karambia, dan Tiakar.

baca juga: Penelitian: Suntik Vaksin Covid-19 Tidak Tingkatkan Resiko Keguguran pada Ibu Hamil

"Kemudian untuk di titik Kantor Camat Payakumbuh Barat dilaksanakan oleh Puskesmas Ibuh dan Payolansek, serta di Kantor Camat Payakumbuh Utara dilaksanakan oleh Puskesmas Tarok dan Lampasi. Hasilnya, 1.000 lebih dosis vaksinasi berhasil didapatkan masyarakat di tiga titik ini," kata Riza Falepi.

Menurutnya, jika vaksinasi berjalan lancar hingga mencapai target lebih dari 70 persen warga Payakumbuh, maka bukan tak mungkin herd immunity dapat diraih dalam waktu dekat. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa memang vaksin tak menjamin kebal dari terpapar COVID-19.

baca juga: Vietnam Setuju Penggunaan Vakzin Asal Kuba

"Tetapi bila sudah divaksin, maka dampak COVID-19 kepada tubuh kita tidak akan separah yang belum pernah divaksin," kata Riza.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal didampingi Kabid Kesmas dan P3 Fatma Nelly, vaksin yang disediakan untuk masing-masing puskesmas dalam pelaksanaan satu hari ini saja sekitar labih dari 200 dosis. Ia menambahkan selagi vaksin masih ada, maka pihaknya akan terus bekerja.

baca juga: Cegah Penularan Covid-19, PLN UP3 Padang Kembali Adakan Vaksinasi

"Sekarang tantangannya ada pada pemerintah provinsi dan pusat, apakah bisa memenuhi kebutuhan yang kita minta. Partisipasi masyarakat luar biasa dan kita sanggup melaksanakan suntikan sebanyak 3.000 dosis perhari," kata kadis yang akrab disapa Dokter Bek tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah