Pemko Payakumbuh Siapkan Stand Khusus Vaksinasi Bagi Lansia di Halaman Balai Kota

Pemko Payakumbuh Siapkan Stand Khusus Vaksinasi Bagi Lansia di Halaman Balai Kota
Pemko Payakumbuh Siapkan Stand Khusus Vaksinasi Bagi Lansia di Halaman Balai Kota (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota Payakumbuh siapkan stand khusus vaksinasi bagi warga yang lanjut usia atau lansia. Hal ini bertujuan untun memberikan pelayanan prima dan menjawab tingginya animo warga lansia yang mengikuti Mega Gebyar Vaksinasi COVID-19 di halaman Balaikota Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi mengatakan pihaknya sudah memerintahkan dinas kesehatan agar membuatkan stand khusus bagi warga lansia. Hal ini dimaksudkan agar para lansia tidak lama mengantri dan menunggu. Ia menjelaskan stand khusus ini akan disediakan untuk besok, Sabtu 24 Juli 2021 di Halaman Balai Kota Payakumbuh .

baca juga: Seorang Ibu Rumah Tangga di Tanah Datar Positif COVID-19

"Bagi warga lansia kita sediakan stand khusus besok, hari ini pun kita sudah instruksikan agar petugas kesehatan kita mendahulukan lansia di antrian depan," kata Riza Falepi.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr. Bahrizal mengaku sudah mendapatkan perintah dari wali kota dan segera menindaklanjutinya. Ia menambahkan bahwa meski vaksinasi sudah dibagi menjadi tiga tempat, ternyata angka partisipan melebihi 1.000 orang.

baca juga: Sukses Gelar Mega Gebyar Vaksinasi, Pemko Payakumbuh Targetkan 80 Persen Warga Telah Divaksin Bulan Ini

"Semangat warga dalam mengikuti vaksinasi ini harus dijawab, segera karena itu penting. Dulu di awal-awal warga sulit diajak vaksinasi , sekarang tingkat kesadaran mereka sudah tinggi. Berita hoaks seputar vaksinasi yang beredar di media-media sosial selama ini membuat warga kita takut vaksin, dan ini yang memang harus kita lawan," katanya.

Kemudian salah seorang warga bernama Robi menyampaikan memang seharusnya lansia mendapatkan layanan khusus dalam vaksinasi . Menurutnya mereka harus didahulukan karena membiarkan lansia terlalu lama menunggu antrian juga tidak baik.

baca juga: Honor Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Padang Dikurangi, DLH Sebut Ini Penyebabnya

"Ini sudah menjadi budaya kita dengan menghargai yang lebih tua," ujarnya mendukung inisiasi pemerintah untuk lebih memperhatikan lansia.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah