Terdampak Pandemi Covid-19, ACT Padang Santuni Ponpes di Pinggiran Kota Padang

Keceriaan santri menerima bantuan
Keceriaan santri menerima bantuan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Padang Launching Operasi Pangan Gratis (OPG) yang diperuntukkan bagi Pondok Pesantren di Pinggiran Kota Padang.

OPG ini diharapkan dapat menjadi harapan dan semangat belajar untuk para santri agar tetap fokus menuntut ilmu meskipun ditengah Pandemi.

baca juga: ACT Solok Salurkan Wakaf Al-Quran dan Iqra di Pelosok Kabupaten Solok

"Kam berharap para santri terus semangat menuntut ilmu tanpa perlu mencemaskan apa yang akan dimakan. Para santri merupakan dampak panjang dari Pandemi covid-19 yang sampai hari ini masih berlanjut," ujar Kepala Cabang ACT Padang Aan Saputra, Sabtu 24 Juli 2021.

Para santri juga terdampak Covid-19, di mana para orang tua mereka kesulitan ekonomi sehingga suplai kebutuhan mereka di pesantren tak terpenuhi.

baca juga: Bantuan Panglima TNI Didistribusikan ke Rumah Sakit di Sumbar

Aan menjelaskan, beras yang didistribusikan dalam program OPG adalah beras wakaf. Melalui dana wakaf, Global Wakaf, ia berharap dan terus berikhtiar menjadikan instrumen Wakaf sebagai gerakan sosial yang masif.

"Ucapan terimakasih kepada ACT yang telah mendistribusikan hewan qurban dan Beras serta minum wakaf. Kami mengajak umat, sahabat dermawan, muwakif dan muzakki untuk tetap mendukung program ini. Semoga program kemanusiaan yang penting ini tetap berlanjut. Aamiin". Imbuh Ketua Dewan Pembina Ponpes MTI Duski Samad.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pengobatan Anak Penjahit Karung yang Stroke

Acara tersebut berlangsung lancar pada hari tasryik ke 2 yaitu hari kamis 22 Juli 2021 di mulai serah terima dan lauching OPG dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 09:30 WIB.

Acara ini berlangsung bersamaan dengan proses serah terima distribusi hewan qurban yang dihadiri segenap jajaran pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) Sumbar yang diwakili oleh Syufirma Mursyidin sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah PERTI Sumbar.

baca juga: Gubernur Sumbar Sebut Bansos Bisa Tingkatkan Imun Masyarakat

Turut hadir dalam acara itu, sebagai Ketua Dewan Pembina Ponpes Madrasah Trabiyah Islamiyah Duski Samad dan Buya Mahyudin Salif Tuanku Sutan sebagai pimpinan pondok.

Dari ACT Padang juga hadir Ustad Zeng Wellf selaku Kepala Sub Regonal ACT Sumbagteng dan Aan Saputra sebagai Kepala Cabang ACT Padang.

"Saya sangat mendukung program ACT operasi pangan gratis. Ini program yang sangat mulia sekali disaat Pandemi ini. Semoga program ini berjalan lancar dan sukses. Semoga para dermawan dapat melanjutkan dan mendukung terus program ini". Ungkap Syufirma Mursyidin.

Launching OPG terlaksana bersamaan dengan proses serah terima 1 ekor sapi hewan qurban dan penyembelihan serta distribusi kepada lebih dari 200 penerima manfaat qurban yang terdiri dari para santri, guru-guru dan warga sekitar yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani.

Editor: Joni Abdul Kasir