Sulitnya Transportasi dan Cuaca Jadi Kendala Pendistribusian Vaksin di Mentawai

Ilustrasi vaksin sinovac
Ilustrasi vaksin sinovac (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah memulai vaksinasi terhadap remaja sejak beberapa pekan yang lalu.

Tetapi, masih belum banyak remaja yang mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai tersebut.

baca juga: Hari Ini 2 Mahasiswi dan Seorang Petani Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar

"Sampai saat ini, remaja yang telah mengikuti vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai baru sebanyak 368 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepualauan Mentawai , Lahmuddin Siregar.

Menurutnya, pihaknya terkendala dengan sulitnya transportasi untuk mengantarkan vaksin ke 15 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Kepulauan Mantawai.

baca juga: Ini Pedoman Penyelenggaraan Kegiatan dan Pertemuan Besar dari Satgas Covid-19

"Kami biasanya mengirim vaksin sebanyak 10 sampai 15 vial ke puskesmas-puskesmas dan jika habis, harus menunggu adanya transportasi lagi," lanjutnya.

Tidak hanya itu, cuaca juga diklaim menjadi penghalang pengantaran vaksin ke Puskesmas yang tersebar di beberapa Kecamatan.

baca juga: MUI Terus Yakinkan Masyarakat untuk Mau Vaksinasi Covid-19, Diperlukan Juga Kombinasi Antara Medis dan Dalil-dalil Keagamaan

"Kalau vaksin di puskesmas habis dan kami akan mengantarkan vaksin , tiba-tiba badai dan pengiriman vaksin kembali ditunda," tutupnya.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan vaksinasi pertama terhadap 14501 orang dan vaksinasi kedua terhadap 6573 orang.

baca juga: Pemerintah Harus Mitigasi Pelaksanaan PTM, DPR: PTM Penting, Meski Ditemukan Klaster Covid-19 di Sekolah

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera